25.000 Benih Ikan Ditebar di Sungai Empat Lawang

EMPAT LAWANG, Suarasumsel.net ---- Guna untuk menjaga melestarikan dan menjaga ekosistem di dalam sungai, Bupati Empat Lawang Dr. H. Joncik Muhammad S.Si, SH, MM, MH, melepas ribuan bibit ikan Patin dan Baung di Sungai desa Tanjung Raya kecamatan Pendopo Barat (Pobar) Kabupaten Empat Lawang.

Acara penebaran 25.000 benih ikan Patin dan Baung yang dikucurkan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Empat Lawang tersebut, dilakukan pada Kamis (8/12/2022) sekira pukul 11.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Bupati Empat Lawang Dr. H. Joncik Muhammad, S.Si, SH, MM, MH, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oky Priyono SIp, Kapolres Empat Lawang, Kajari Empat Lawang, para OPD/Kabag/Kabid, Camat Pobar Susanto, SP, MM, serta Staf dan 1.500 warga dari berbagai desa dalam wilayah kecamatan Pobar.

Kepala dinas (Kadis) Perikanan melalui Kabid Perikanan tangkap Empat Lawang Wawan Ismawan S.Hut menyampaikan, penebaran ribuan bibit ikan Patin dan Baung ini dari Dinas Perikanan Empat Lawang.

Ia menjelaskan, penebaran benih ikan yang dilepas di Sungai desa Tanjung Raya kecamatan Pendopo Barat (Pobar) Kabupaten Empat Lawang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Empat Lawang.

"Penebaran benih ikan di Sungai desa Tanjung Raya kecamatan Pobar ini, merupakan rangkaian puncak kegiatan Restoking, dan sebelumnya, kita juga menebar di Sungai yang ada di Kabupaten Empat Lawang, sehingga totalnya sebanyak 25.000 benih ikan Patin dan Baung," pungkas Wawan Ismawan.

Sementara, Bupati Empat Lawang Dr. H. Joncik Muhammad S.Si, SH, MM, MH mengapresiasi Dinas Perikanan, dengan penebaran ribuan bibit ikan Patin dan Baung ini ke Sungai bertujuan untuk menjaga ekosistem didalam Sungai.

"Untuk itu, kami berharap agar masyarakat bisa dapat melestarikan dan menjaga ekosistem Sungai. Masyarakat jangan menangkap ikan yang dilarang, dan tidak Rama lingkungan," pesan Bupati Empat Lawang.

Menurutnya, peranan perairan umum dalam kehidupan manusia sangatlah penting yaitu, sebagai sumber air tawar, sumber keanekaragaman hayati, sumber ketahanan pangan, dan sumber perekonomian.

"Kami minta masyarakat dapat menjaga ekosistem yang ada di Sungai, dan langkah ini salah satu sebagai upaya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sekaligus mendukung ketahanan pangan. Dan, kami himbau masyarkat menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak, dengan strum, dengan bahan kimia, kita ingatkan ada ancaman hukuman," tegas Joncik Muhammad. (Syah)

author
No Response

Comments are closed.