Desa Palak Tanah Sukses Gelar Pemilihan BPD

374 views
banner 468x60

SEMENDE, Suarasumsel.net -- Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Palak Tanah Kecamatan Semende Darat Tengah (SFT), Senin (11/10) bertempat di Aula kantor Kepala desa (Kades) berjalan sukses dan lancar menghasilkan 5 anggota BPD terpilih.

Pelaksanaan kegiatan pemilihan anggota BPD tersebut dihadiri Camat SDT beserta jajarannya, unsur Kamtibnas dan Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan sejumlah warga Desa yang ingin menyaksikan proses pemilihan secara langsung.

Ketua panitia pemilihan BPD, Musrofah mengatakan, Daerah Pemilihan (Dapil) anggota BPD Desa Palak Tanah ini terdiri dari 3 kampung untuk masa jabatan 2022 - 2028, setiap 1 keluarga memiliki 2 suara yakni Kepala keluarga untuk umum dan suara Ibu untuk perwakilan perempuan.

"Dari dua puluh 25 orang yang mencalonkan diri, sesuai dengan ketentuan dipilih 5 kandidat dengan suara terbanyak, kandidat perwakilan perempuan peraih suara terbanyak di dapatkan Harliana dan untuk perwakilan umum di dapatkan Lizonsyah, Muhamad Arsi, Saidul dan Oktariani," katanya.

Musrofah menceritakan, proses pemilihan BPD telah terselenggara secara demokrasi, berlangsung secara langsung, Umum, bebas dan rahasia, sistem pelaksanaan pemilihan dilaksanakan dengan sistem keterwakilan dusun atau per kadus dan keterwakilan perempuan.

"Berdasarkan pendataan yang diperbaharui sebelumnya, jumlah mata pilih tetap sebanyak 579 orang terbagi dari keterwakilan 3 dusun, dusun 1 terdapat 137 suara, dusun 2 terdapat 92 suara, dusun 3 terdapat 2 suara dan suara keterwakilan perempuan sebanyak 228 orang," imbuhnya.

Camat SDT, Khairul saat dimintai komentarnya menyampaikan, BPD itu adalah wakil rakyat ditingkat desa yang bertugas menyampaikan aspirasi masyarakat desa kepada Pemerintah desa, misalnya kebutuhan bangunan fisik serta kepentingan umum lainnya untuk disampaikan dalam musyawarah desa. (Nopri)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.