Meriahkan HUT Ke-77 Pemprov Sumsel, Herman Deru Lepas Parade Budaya Nusantara


PALEMBANG, suarasumsel.net — Dalam rangka, memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 77 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), Gubernur Sumsel H Herman Deru, Minggu (14/5) bertempat¬† di Griya Agung Palembang melepas Parade Budaya Nusantara.

Dalam kata sambutannya, H Herman Deru mengatakan, digelarnya parade budaya nusantara ini untuk mengingatkan kepada genarasi muda bahwa adat yang dimiliki Sumsel itu begitu banyak dan beragam bahkan tak ternilai harganya yang diikat dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Arsitektur Bangunan Gedung Berornamen Budaya Sumsel.

“Artinya kita hidupkan kembali adat budaya ini, seperti di Griya Agung simbolnya tanjak termasuk di perkantoran-perkantoran membuat simbol tentang bangunan gedung berornamen budaya Sumsel,” ujarnya.

Herman Deru menilai, kekhawatiran akan bias atau lunturnya adat dan budaya namun dengan inisiasi ini yang diikuti para pejabat dan pecinta budaya dalam menyelenggarakan kegiatan ini luar biasa, diakuinya butuh konsentrasi tenaga dan pikiran untuk melestarikannya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh inisiator yang menyelenggarakam parade budaya ini, begitu juga dengan jajaran kepanitiaan yang telah meluangkan waktu serta mencurahkan tenaga dan fikiran demi terselenggaranya acara ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi mengatakan bahwa parade budaya melibatkan berbagai sekolah mulai dari SMP, SMA/SMK se Kota Palembang serta OPD Sumsel dan BUMD.

Pada kesempatan ini Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru, Ketua ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani HD serta Kepala OPD Sumsel melepas parade budaya nusantara, dimana parade nusantara ini dimulai dari Griya Agung menuju jalan Kapten A. Rivai sampai Halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel. (Nata Agus Wijaya) 

Berita Terkait

Top