Terpilih Dalam KLB, Moeldoko Jadi Ketua Umum Partai Demokrat

banner 468x60

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko terpilih menjadi ketua umum Partai Demokrat (PD) dalam kongres luar biasa (KLB) di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum PD setelah memenangi proses pemilihan calon ketua umum dalam KLB yang dipimpin Jhoni Allen Marbun dalam KLB yang diwarnai bentrok antara pendukung KLB dan pendukung Demokrat AHY.

Dalam KLB tersebut, Moeldoko menggungguli pesaingnya, Marzuki Alie, yang juga menjadi calon ketua umum partai Demokrat.

“Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum PD 2021-2026,” ujar Jhoni Allen dalam KLB yang disiarkan langsung melalui YouTube.

Dalam KLB itu juga diputuskan soal mencopot Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari posisi ketua umum PD. Seperti diketahui Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menjadi ketua umum hasil Kongres V PD di Jakarta, Maret 2020. “Dewan Pimpinan Pusat 2020-2021 yang diketuai AHY dinyatakan demisioner,” ungkap Jhoni.

Selain itu, KLB PD di Sibolangit juga menetapkan Marzuki Alie menjadi ketua dewan pembina. Mantan ketua DPR itu pernah menjadi sekretaris jenderal PD periode 2010-2015.

Terpisah, Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PD Kamhar Lakumani menyatakan bahwa parpol pemenang Pemilu 2009 itu tidak mengagendakan KLB.

Menurutnya, DPP PD di bawah kepemimpinan AHY belum pernah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang penyelenggaraan KLB di Sumatera

“Jika ada yang mengatasnamakan PD untuk menyelenggarakan KLB, itu pasti ilegal,” kata Kamhar dalam keterangan resmi kepada awak media, Jumat (5/3). (Wan)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Terpilih Dalam KLB, Moeldoko Jadi Ketua Umum Partai Demokrat"