Rencana Kawasan Perkantoran Baru Diatas Lahan Seluas 101,97 Ha

LAHAT, Suarasumsel.net ----- Setelah beberapa kali ganti Kepala Daerah, baru dimasa Kepemimpinan Cik Ujang SH - H.Haryanto SE, MM, MBA, telah merencanakan pembangunan baru untuk Perkantoran Pemkab Lahat.

Rencananya, kawasan perkantoran baru akan dibangun diatas Lahan seluas lebih kurang mencapai 101,97 Hektar (Ha) yang nantinya akan dibawa pada Rapat Persiapan, sehingga, kedepan tidak timbul konflik mengenai Lahan yang dijadikan kawasan komplek perkantoran.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lahat, Joni Efsirdi SH MKn menyebutkan, pihaknya terlebih dahulu mesti membentuk tim dan dengan segala persiapan.

"Untuk itulah, dan jangan sampai tahapan demi tahapan yang berjalan, nantinya terjadi pelanggaran. Makanya semuanya harus seiring sejalan," ujarnya, usai dari Rapat, kemarin.

Maka dari itu, sambungnya, tahapan perencanaan hingga pelaksanaan harus diumumkan dengan melibatkan masyarakat sekitar, terutama di Desa Padang Lengkuas dan Desa Nantal.

"Kita bermain dengan hukum, bukan kata-kata. Oleh karenanya, aturan yang berlaku tidak menyimpang ketika melaksanakan di lapangan," tambah Joni Efsirdi.

Dan, disinilah dijelaskan Kepala BPN Lahat, peran vital dari dua kecamatan serta kepala desa (Kades). Agar turut ambil bagian supaya tidak terjadi hal Negatif.

"Pada akhirnya, semuanya akan dilibatkan pun dengan masyarakat itu sendiri, tidak ada yang ditutupi sebab ini demi kelancaran pembangunan sekaligus perluasan pengembangan Kota Lahat," pungkasnya.

Sementara, Kadis Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) Lahat, Limra Naufan ST, MT menyampaikan, persiapan terkait dengan pembangunan dan pengadaan tanah buat Perkantoran Pemkab Lahat baru telah dikerjakan sejak lama.

"Jadi memang memakan waktu yang cukup lama, sejauh ini, untuk akses jalannya sendiri mulai dibangun dalam menopang aktifitas kedepanya," ungkapnya.

Apalagi, dikatakannya, disepanjang untuk menuju kawasan perkantoran banyak sekali kebun milik warga, tentunya dampaknya pun sangat dirasakan sekali oleh mereka.

"Terutama saat membawa hasil kebun yang selama ini menggunakan jalan tanah, kini bisa dilalui cor beton, pun aktifitas penduduk desa lainnya sehingga pergerakan roda perekonomian pun berjalan baik," terang Kadis PRKPP Lahat.

Hal senada ditegaskan, Kepala Dinas Perkebunan Lahat, Vivi Anggraini SSTP Msi menuturkan, pengadaan lahan perkantoran ini berada di atas tanah PT Arta Priegel, bergerak disektor perkebunan kelapa sawit baik itu inti maupun plasma.

"Nah, setidaknya kurang lebih 102,2 Ha lahan kelapa sawit plasma milik masyarakat, yang tentunya terimbas dari pembangunan infrastruktur perkantoran," ucap Vivi Anggraini.

Sedangkan, Camat Lahat Selatan, Isna Abidarda BA menerangkan, selaku kepala wilayah jangan sampai ada masalah-masalah kedepannya. Dan mohon untuk saling mengingatkan.

"Untuk itulah, kita sebagai Tim harus sama-sama saling menjaga, apabila semuanya sudah jelas dengan tugas kita masing-masing, agar kedepan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan," urainya. (Din)

author
No Response

Comments are closed.