Buka Sriwijaya Expo, Herman Deru Minta Bupati/Walikota Dukung Perkembangan UMKM


PALEMBANG, suarasumsel.net —- Bupati dan Walikota di wilayah Provinsi Sumatera selatan (Sumsel) beserta seluruh stakeholder agar menjadi pemicu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar naik kelas ke jenjang yang lebih tinggi, demikian dikatakan Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Rabu (24/5) saat membuka Sriwijaya Expo 2023 di Dinning Hall JSC.

Pada kesempatan tersebut, Herman Deru berharap, melalui kegiatan Sriwjaya Expo tersebut produk pelaku usaha dapat lebih dikenal luas lagi bukan hanya di tingkat daerah tapi juga bergerak di tingkat nasional sehingga dapat bersaing di pasar global, menurutnya gerakan mendorong kemajuan  UMKM jangan hanya dilakukan pada perayaan hari-hari besar saja tapi harus dilakukan setiap saat.

“Dari pagelaran Sriwijaya Expo setiap tahun ini, bisa dirasakan bersama bahwa ada kemajuan yang sangat berarti bagi para UMKM ini, untuk itu, diingatkan kepada Dinas yang membidangi untuk melaksanakan pembinaan kepada UMKM, sebab jikapun prodak yang dihasilkan berkualitas tinggi tetapi produksinya rendah dan tidak dikenal maka akan menjadi sia-sia,” harapnya.

Masih menurut Herman Deru, pembinaan terhadap pelaku UMKM juga harus dilakukan terkait pengenalan terhadap pasar digital dengan sistem e catalog agar lebih muda mempromosikan produk – produk mereka dan konsumen lebih mudah mengakses barang yang ditawarkan, sehingga penjual dan pembeli lebih mudah bertransaksi.

“Tak hanya di situ saja, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga duharapkan dapat mempermudah pelaku usaha UMKM mendapat modal kredit seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ujarnya.

Di tempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Perindustrian, Mega Nugraha menambahkan, penyelengaraan sriwijaya expo tersebut di gelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprov Sumsel tahun 2023 yang ke – 77.

“Kegiatan ini bertujuan mempromosikan produk unggulan, jasa , industri kecil dan kerajian daerah serta sarana untuk menukar informasi kepada masyarakat tentang hasil-hasil pembangunan berskala nasional. Dan menghadirkan pameran yang lengkap dan bermutu,” tambahnya. (Nata Agus Wijaya)¬†

Berita Terkait

Top