Sejumlah Titik Kota Lahat Mulai Marak Penjual Bendera dan Aneka Spanduk


LAHAT, suarasumsel.net —¬†Walaupun terbilang masih cukup lama, namun, sejumlah pedagang Bendera Merah Putih, Umbul Umbul, serta aneka Spanduk dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023, para penjual telah menjamur disejumlah titik Pusat Kota Lahat.

“Benar, saat ini masih terbilang sepi. Namun, Alhamdulillah masih ada saja yang sudah berbelanja untuk mempersiapkan menyambut HUT RI 17 Agustus 2023,” ungkap Asef (42) warga Bandung saat dibincangi wartawan di Jl Letjen Harun Sohar, pada Sabtu (22/7/2023).

Dijelaskan Asef, diperkirakan masih sekitar kurang satu bulan lagi masyarakat seluruh Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). Namun, dirinya sengaja datang lebih awal ke Bumi Seganti Setungguan.

“Kami sengaja datang dari jauh-jauh hari dan kami rombongan mas. Akan tetapi, walaupun masih terbilang cukup lama kami bersyukur masih ada warga Kabupaten Lahat yang lebih awal membeli Bendera, Umbul-Umbul, serta Aneka Spanduk lainnya dalam rangka menyambut HUT RI yang jatuh tanggal 17 Agustus 2023,” tambahnya.

Untuk harga beraneka ragam, dikatakan Asef, harga bendera, umbul-umbul, serta aneka Spanduk dijual sebesar Rp. 35 ribu sampai dengan 40 ribu, dan untuk modalnya sendiri berkisar Rp.15 ribu rupiah.

“Tetap bersyukur walaupun keuntungannya berkisar dari 30 ribu rupiah sampai dengan Rp 50 ribu rupiah. Menjual bendera merah putih, umbul-umbul dan aneka Spanduk dalam rangka HUT RI 17 Agustus ini, setiap tahun datang ke Kabupaten Lahat bersama rekan-rekan dari Provinsi Bandung,” ulasnya.

Diakui Asef, dirinya berangkat bersama rekan-rekan yang lain dari Garut menyebar ada yang berangkat ke Jambi, Bengkulu, Palembang, hingga, disejumlah Kabupaten/Kota, tak terkecuali Lahat.

“Semua ini tingginya antusiasme masyarakat dalam membeli atribut Kemerdekaan dalam menyambut HUT RI ke-78 tahun 2023 menjadi salah satu alasan utama kami menjual bendera merah putih, umbul-umbul, serta aneka Spanduk demi mengais rezeki untuk anak istri,” tegasnya dengan nada sedikit sedih.

Terakhir disampaikan Asef, Alhamdulillah, dari hasil yang ada, dirinya bisa mengirim uang untuk keluarga di Garut. “Dilahat kami sengaja mengontrak disalah satu bedengan, dan membayarnya dengan cara Patong sesama, kami sengaja jauh jauh hari datang ke Bumi Seganti Setungguan semata mata untuk mencari Rezeki demi keluarga yang kami tinggalkan,” pungkas Asef.

Pengendara motor, M.Umar (44) warga kelurahan Kota Baru kecamatan Lahat dibincangi mengakui, dirinya membeli Bendera merah putih, serta umbul-umbul lainnya dalam rangka persiapan untuk dipasang dirumahnya.

“Setiap tahun, dirumah biasanya kami diperintahkan oleh Ketua RT untuk memasang Bendera Merah Putih, Umbul Umbul atau Spanduk dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), ini merupakan bentuk penghormatan kita terhadap para Pahlawan yang telah berkorban merebut Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegas M.Umar. (Din)

Berita Terkait

Top