banner 728x90

Ratusan KK Dusun VI Berharap Jl PNPM I Dapat Segera Dibangun Pemkab Lahat

LAHAT, Suarasumsel.net ---- Ratusan kepala keluarga (KK) yang bermukim di jalan PNPM I dusun VI desa Selawi kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, mengeluhkan akses jalan yang masih bekicak dan berlumpur.

Padahal jalan tersebut, merupakan akses jalan utama yang dimanfaatkan oleh 150 kepala keluarga (KK) warga PNPM I dusun VI desa Selawi kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat untuk melintas setiap harinya, termasuk jalan utama menuju ke Pemakaman.

"Benar, dan kami nilai Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, tidak memperhatikan kami. Karena, akses jalan sepanjang dua (2) kilo ini, tidak pernah mendapat perhatian serius, sehingga, sampai sekarang tak kunjung dibangun," ungkap Noval Irawan salah satu warga PNPM I dusun VI desa Selawi kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

Usulan untuk pengerasan diakui Noval, telah dilayangkan baik ke Dinas PUPR, DPRD Lahat, dan ditembuskan ke Pemkab Lahat, akan tetapi, sampai sekarang hasilnya nihil.

"Kami warga PNPM I dusun VI desa Selawi kecamatan Lahat, kabupaten Lahat, tidak banyak memintak kepada Pemerintah, tolong perhatian dan bangun jalan PNPM I dusun VI ini, yang merupakan akses utama ratusan KK yang melintasi jalan ini," ucap Noval dengan nada kesal.

Hal senada juga disampaikan Wandi warga lainnya yang mengaku kesal. Karena, masih ada jalan Trans dalam Kota Lahat.

"Kami sangat kesusahan melewati jalan tersebut, ketika masuk musim penghujan. Selain berlumpur juga nyaris seperti kubangan babi. Sehingga, warga di PNPM I dusun VI desa Selawi ini kerap mengalami kecelakaan, karena jalannya licin sekali," tegas Wandi.

Untuk akses jalan ini, dijelaskan Wandi, merupakan jalan utama yang digunakan oleh 150 kepala keluarga (KK) dalam melakukan aktifitas sehari hari, dan dijalur ini juga merupakan akses utama warga menuju ke Pemakamam.

"Untuk itu, kami dari warga PNPM I dusun VI desa Selawi berharap kiranya bapak Bupati Lahat Cik Ujang dapat mendengarkan keluhan kami serta dapat segera membangun jalan kami ini," pinta Wandi.

Kepala dusun (Kadus) V desa Selawi kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Hariyadi Alfian SH mengatakan, akses jalan utama PNPM I dusun VI ini semestinya sudah pantas dibangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat.

"Karena, dijalan ini merupakan akses utama bagi 150 kepala keluarga yang lalu lalang setiap harinya. Nah, yang menjadi keluhan warga saat musim penghujan jalan bekicak dan susah untuk dilalui. Sedangkan, saat musim panas dijalan tersebut, sangat berdebu sekali," kata Hariyadi Alfian.

Menurutnya, jalan sepanjang kurang lebih dua (2) kilo ini, telah dibuka sejak beberapa tahun silam. Namun, sampai sekarang belum pernah tersentuh oleh Pembangunan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat.

"Kalau surat pengusulan untuk dibangun jalan ini, telah kita layangkan beberapa kali. Akan tetapi, sampai detik ini tidak ada perhatian Pemerintah kepada kami warga PNPM I desa Selawi kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat. Jalur ini telah dibuka sejak tahun 2018 silam tapi belum tersentuh oleh Pembangunan," pungkasnya.

Sementara, Don Pratikno selaku kepala desa (Kades) Selawi kecamatan Kota Kabupaten Lahat dikonfirmasi mengaku, segala upaya telah dilakukan agar akses jalan utama masyarakat PNPM I dusun VI desa Selawi, bisa dibangun oleh Pemerintah.

"Usul Profosal untuk dibangunnya jalan tersebut, sudah beberapa kali kita lakukan. Termasuk, menyampaikan dengan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lahat, namun, sampai sekarang tak kunjung direalisasikan," ujar Kades Selawi kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

Tidak dipungkiri, kata Don Pratikno, usulan untuk dibangunnya jalan utama warga PNPM I dusun VI ini, merupakan aspirasi ratusan kepala keluarga (KK) yang ada. karenakan, warga menggeluh ketika memasuki musim penghujan jalan dengan Panjang kurang lebih 2 kilo dan Lebar 4 meter tersebut, sangat becak sekali bahkan saat warga melintas menggunakan SPM mengalami kecelakaan. Dan, ketika memasuki musim kemarau jalan penuh dengan debu.

"Maka dari itu, warga PNPM I dusun VI desa Selawi kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, selalu menemui saya serta memberikan Profosal pengajuan agar jalur tersebut dapat segera dibangun. Tujuannya, saat musim penghujan aktifitas warga didusun tersebut dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Tapi, apa daya keinginan warga telah kita sampaikan kepada dinas terkait Pemkab Lahat, dan sampai detik ini tak kunjung terealisasi," terang Kades Selawi dengan nada sedikit sedih. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.