banner 728x90

Kodim 0405/Lahat Latih Ratusan Satuan Pol-PP

104 views

LAHAT, Suarasumsel.net ---- Bertempat dilapangan Apel Makodim 0405/Lahat dilaksanakannya pembukaan latihan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) yang diikuti oleh Ratusan Pol-PP perwakilan Kecamatan, Kelurahan, dan Desa dalam Kabupaten Lahat.

Acara tersebut, dilaksanakan pada Kamis (20/10/2022) sekira pukul 10.30 WIB, yang diikuti oleh 406 personil dari 360 Desa 17 Kelurahan dan 24 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lahat, tahun anggaran 2022.

Sebagai Irup dalam acara apel pembukaan pelatihan ratusan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang SH.
Komandan upacara Pasi Ops Kodim 0405/Lahat Kapten Kav Dwi Satrio.
Para danton peserta upacara dan pelatihan dari anggota Kodim 0405/Lahat dan perwakilan Koramil jajaran Kodim 0405/Lahat yang ditunjuk untuk mendampingi para peserta pelatihan.

Hadir dalam upacara pembukaan peserta oelatihan Sat Pol PP, Kecamatan, Kelurahan, dan Desa itu diantaranya, Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Wabup Lahat H.Haryanto SE, MM, MBA, Dandim 0405/Lahat. Letkol Inf Toni Oki Priyono. S. I. P, Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK, MSi, Kasdim 0405/Lahat Mayor Inf Ridwan Efendi. ST Rhan, Kasat Pol PP Lahat Heri Kurniawan SSTP. SPP, MM, seluruh OPD Pemkab Lahat, seluruh Camat Lahat, dan seluruh peserta upacara 406 peserta latihan dari 17 Kelurahan, dan 360 Desa di 24 Kecamatan Kabupaten Lahat.

Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono SIp menyampaikan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Lahat, dan semua ini merupakan bentuk penghargaan dan kepedulian Bupati Lahat untuk masyarakat Kabupaten Lahat.

Selain dalam menjalankan roda pemerintahan sambung Dandim 0405/Lahat masih menyempatkan waktu untuk bisa melatih para ratusan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) yang akan ditempatkan di 17 Kelurahan, di 360 Desa di 24 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lahat.

"Tujuan dalam latihan ini, agar semua Pol-PP mendapatkan bekal dan mempersiapkan diri secara matang dan semoga pelatihan nanti bisa bermanfaat untuk diterapkan dilapangan, karena saudara saudara sekalian merupakan ujung tombak untuk bisa menghadapi dan melayani masyarakat, mengatur masyarakat sesuai dengan Rule Of Engagement atau SOP yang berlaku di Negara kita khususnya Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat," ungkap Dandim 0405/Lahat.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang SH menegaskan, dengan mendapatkan pelatihan dan dibentuknya Sat-Pol-PP yang akan ditempatkan di 17 Kelurahan, 360 Desa di 24 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lahat, guna untuk melakukan dan mengamankan Perda dan Perkasa dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan dalam melindungi masyarakat yang ada.

Dijelaskan Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel ini mengarahkan, tujuan pelatihan ini agar Pol-PP Kelurahan, Desa dan Kecamatan dapat meningkatkan kemampuan diri, disiplin dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan, sehingga, diharapakan dan penegakan Perda serta penyelenggaraan ketertiban umum ketentraman dan perlindungan untuk masyarakat ditingkat desa, kelurahan dan kecamatan dapat benar benar dirasakan.

"Saya berharap agar peserta dapat dengan fokus, disiplin, dan baik mengikuti pelatihan ini agar semua materi yang diajarkan oleh Pelatih serta aturan yang disampaikan dapat dimengerti dan diterapkan dilapangan nantinya," tegas Cik Ujang.

Dan diharapkan, kata Bupati Lahat, agar Pol-PP desa, kelurahan, dan kecamatan dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan Kades, Kelurahan, dan Kecamatan, serta aparat TNI-POLRI.

"Untuk kelurahan ataupun kecamatan kalau TNI ada Koramil anggota Babinsa kalau dari Kepolisian ada Polsek dan Bhabinkamtibmas, sehingga, dapat berkoordinasi langsung dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat dimasing masing wilayah dalam Kabupaten Lahat," pungkas Bupati Lahat.

Sekira pukul 11.15 WIB upacara pembukaan pelatihan Sat Pol PP kecamatan, kelurahan, dan desa berjalan tertib dan aman, dan tujuan digelar pelatihan untuk membentuk sikap dan kedesiplinan anggota Sat Pol PP serta bisa bersinergi Kodim 0405/Lahat untuk menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat Kabupaten Lahat. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.