banner 728x90

Antisipasi Lonjakan Harga Sayur, Pasar Tani Akan Dibuka Setiap Hari di Halaman Dinas TPH dan P

LAHAT, Suarasumsel.net ---- Untuk mengantisipasi lonjakan harga sayuran ditengah tengah masyarakat, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian (TPH & P) Kabupaten Lahat menggelar kegiatan Pasar Tani.

Pagelaran yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Lahat Provinsi Sumsel ini disambut baik masyarakat, dan di yakini dapat menopang program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang selama ini digalakkan Pemprov Semsel dan Pemkab Lahat.

Pantauan dilapangan, acara yang dilaksanakan pada Senin (7/11/2022) dihelat dihalaman kantor Dinas TPH & P Kabupaten Lahat bekerjasama dengan DPD Perhiptani Lahat, kampung wisata bengkurat city, Bank Sumsel Babel dan Poktan dan UMKM Lahat berlangsung sukses, serta membuat masyarakat optimis tingkat kebutuhan pangan akan semakin terpenuhi dengan berbagai terobosan dan ide berlian Kadis TPH Eti Listiana SE, MM.

Kustanto selaku Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Lahat, sekaligus Ketua pelaksanaan kegiatan yang ada menyampaikan, bahwa kegiatan "Pasar Tani" yang dihelat dikantor dinas TPH & P ini terselenggara atas dasar inisiatif seluruh teman teman petani dan penyuluhan yang tergabung di DPD Perhiptani.

Bahkan diakuinya, untuk pelaksanaan Pasar Tani berawal dari pihak Kementerian Pertanian yang telah terlebih dahulu melakukan Pasar Tani, dan untuk Sumatera Selatan yang ada di 17 Kabupaten/Kota, saat ini baru Kabupaten Lahat yang melakukan kegiatan Pasar Tani.

"Alhamdulillah, dari 17 Kabupaten/Kota Sumsel baru Kabupaten Lahat yang melakukan kegiatan Pasar Tani dan untuk pembiayaan sendiri kita modal sendiri tanpa ada bantuan dari Pemerintah," tambahnya.

Kustanto mengatakan, untuk produk Pasar Tani ini berasal dari tangan petani langsung untuk dijual disini. Bahkan, harganya lebih murah dari harga di Pasar dan kegiatan ini rencananya akan dibuka setiap hari.

"Insyaallah, Pasar Tani akan kita buka setiap hari sejak pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB, silakan bagi ibu ibu yang ingin berbelanja sayuran dan aneka buah segar bisa langsung ke halaman kantor Dinas TPH dan P Kabupaten Lahat," pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Tanamam Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPH dan P) Kabupaten Lahat, Etty Listiana SP, MM mengaku, dirinya mengapresiasi atas inisiatif para penyuluh pertanian dan pihak DPD Parhiptani yang melaksanakan pagelaran 'Pasar Tani'.

"Semoga dihelatnya acara ini dapat membuat Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan semakin bangkit dan berinovasi. Dan, selaku Kepala Dinas TPH dan P Lahat sangat menyambut baik. Apalagi untuk harganya lebih murah dari harga Pasar. Harapan kita dengan Pasar Tani ini dapat membantu secara langsung para Petani dan mendongkrak kesejahteraan serta perekonomian masyarakat," ungkap Etti Listiana SP, MM, kemarin. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.