banner 728x90

Terkait Dugaan Kekerasan Di SMP N 1 Pulau Panggung, Chandra “Masih Dalam Batas Kewajaran, Jangan Dibesar-besarkan,”

Anggota DPRD Muara Enim, Muhammad Chandra

SEMENDE, Suarasumsel.net --- Tindakan fisik guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pulau Panggung terhadap sejumlah siswanya karena tidak mengerjakan tugas sekolah dinilai masih dalam kerangka mendidik dan dalam batas kewajaran jangan dibesar-besarkan, demikian dikatakan anggota DPRD Muara Enim, Muhammad Chandra SE saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (20/9)

Wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai, kekerasan fisik yang mungkin saja terjadi di lingkungan sekolah pada umumnya semata-mata dilakukan dalam kerangka pembelajaran dan pembentukan character siswa agar lebih ,disiplin, bertanggung - jawab dan mampu menerima pelajaran yang disampaikan.

"Pemberian sanksi fisik terhadap siswa walaupun tidak dapat dibenarkan tetapi sering kali terjadi dan itu dilakukan dalam rangka mendidik, oleh karena itu sepanjang pemberian sanksi secara fisik dilakukan seorang guru untuk mendidik siswanya, seyogyanya tidak perlu dibesar-besarkan," nilainya.

M Chandra menambahkan, kejadian tersebut adalah pelajaran bagi semua pihak, ke depan wali murid diharapkan tidak mudah terprovokasi pengaduan anaknya sepanjang tindakan fisik yang dilakukan guru masih dalam batas - batas kewajaran, untuk para guru juga diharapkan menghindari semaksimal mungkin tindakan fisik dalam memberikan sanksi kepada muridnya.

Salah satu anggota group WA Info Seputar semende, Rismalilalilis mengaku secara eksplisit sebagai orang tua dari siswa yang mengalami tindakan kekerasan menuliskan :

~ Makmane klu tetemy Ngah anak kmu galak d Mak inikah sekali melakukan kesalahan tanpa teguran dahulu lgsg melakukan kekerasan dan kabarnya anak laki2 d tampar d depan kelas depan siswa2 yg lain ???

~ Termasuk anak bungsuku br memberi tahu bahwa guru ini sdh biasa melakukan penamparan klo siswanya TDK buat tugas...dan kejadian itu TDK d aduke ke aku br skrg setelah membaca berita ini .. sebagai org tua apakah anda reka taamparan atw cubitan yg membitu membekas d tubuh anak anda ???

~ Kalo aku kutanyei kudai anak ku ngape dek buat pr..malaskah, tidak mengertikan atw lupa dan TDK akan menambah rasa takut PD anak..jk MLS d tegur agar Tdk MLS lg..kalau TDK mengerti coba d ajari d mn ketdk mengerti ya anak kalu lupa itulh teguran ku PD anak Ado konsekwen jk kalau melakukan tugas tapi tidak akan menambah rasa kecewa PD hati anak saya .. (Novlis Heriansyah)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.