Plt Bupati Kaffah Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023


MUARA ENIM, suarasumsel.net — Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 di Ballroom Hotel Grand Zuri,¬†Senin (20/03).

Plt Bupati Kaffah berharap melalui pelaksanaan Musrenbang yang di lakukan Pemkab Muara Enim dapat mensinkronkan kebijakan pusat dan provinsi dengan prioritas pembangunan daerah yang telah disusun, dengan tetap mempedomani kebijakan-kebijakan perencanaan, sehingga penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2024 dapat dilakukan secara proporsional, berdasarkan prioritas pembangunan yang telah disepakati sesuai ketersediaan anggaran serta dapat mencapai target yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Mengingat Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat berlimpah, diantaranya potensi di sektor pertambangan batubara, minyak bumi, gas bumi, dan panas bumi,”ujarnya.

Masih kata Plt Bupati, Kabupaten Muara Enim juga memiliki potensi di sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan yang tentunya hal ini merupakan modal dasar bagi Kabupaten Muara Enim untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Dari keragaman potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Muara Enim serta kolaborasi, sinergitas, kerja keras, dan kerja cerdas antar semua pemangku kepentingan diharapkan mampu menjadi motor penggerak dalam mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025 yaitu Kabupaten Muara Enim yang Sehat, Mandiri, dan Sejahtera,”ujar Plt Bupati.

Disamping itu, dalam Musrenbang yang dinarasumberi oleh Muhammad Ilyas dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (virtual), Sultan M Syah dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, dan Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya H Fachrurrozie Sjarkowi serta Edi Subeno Kepala BPS Kabupaten Muara Enim tadi, Plt Bupati mengungkapkan, percepatan pembangunan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, harus didukung oleh 3 (tiga) pilar pembangunan, yaitu “Pemerintah, Dunia Usaha, dan Masyarakat”.

Ketiga pilar pembangunan tersebut diharapkan mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka mendukung percepatan dan pemerataan pembangunan yang terstruktur, sistematis, dan masif agar pembangunan di daerah dapat merata dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Selain itu, kolaborasi ketiga pilar pembangunan tersebut diharapkan juga dapat dimplementasikan dalam proses pendanaan pembangunan daerah dengan dukungan yang optimal dari Forum CSR-PKBL sesuai dengan kemampuan dan wilayah operasional masing-masing.

Plt Bupati juga meminta kepada Kepala Perangkat Daerah untuk aktif menggali informasi dan berusaha secara sungguh-sungguh berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi, dengan dibekali data dan informasi rencana program yang akurat dan akuntabel, sehingga anggaran dari APBN dan APBD Provinsi dapat dialokasikan lebih besar ke Kabupaten Muara Enim pada tahun 2024 nanti.

Dalam kesempatan tersebut pula, Plt Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim serta Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim menyerahkan penghargaan kepada Perangkat Daerah dengan Kinerja Perencanaan Terbaik tahun 2023 yang diraih oleh Dinas Tenaga Kerja (Terbaik I), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Terbaik II), dan Dinas Perkebunan (Terbaik III) serta Kecamatan Belida Darat (Terbaik I), Kecamatan Gelumbang (Terbaik II), dan Kecamatan Muara Belida (Terbaik III).

Turut hadir dalam acara Musrembang, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Pj Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, para Kepala Perangkat Daerah dan Camat Lingkup Pemkab. Muara Enim, para Kepala Bappeda Kabupaten/Kota tetangga, Tim Kerja Pertimbangan Pembangunan dan Pelayanan Publik Kabupaten Muara Enim, Pimpinan BUMN/BUMS/BUMD dalam wilayah Kabupaten Muara Enim serta Ketua Organisasi wanita se-Kabupaten Muara Enim. (ADV/Dian)

Berita Terkait

Top