banner 728x90

Beni Hernedi Pimpin DMI Muba

456 views

SEKAYU, - Safari Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam memakmurkan Bulan Suci Ramadhan dengan berkeliling mengunjungi setiap desa dalam wilayahnya untuk memperkuat silaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat.

Tapi dalam dua tahun terakhir yakni tahun 2020 dan 2021 kegiatan tersebut tidak memungkinkan untuk dilaksanakan lantaran Pandemi COVID-19 yang melanda.

Tahun 2022 ini, kegiatan itu kembali digelar karena dianggap memungkinkan bagi Kabupaten Muba, mengingat kondisi Pandemi yang terus melandai.

"Tahun ini Alhamdulillah bisa dilaksanakan karena kita dianggap memungkinkan menggelar Safari Ramadhan," ujar Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP dalam acara Pembukaan Safari Ramadhan 1443 H / 2022 M Pemerintah Kabupaten Muba dan Pelantikan Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muba, di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (7/4/2022).

Namun dikatakannya Safari Ramadhan 1443 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni tanpa berbuka puasa bersama dan tidak menggelar open house, hal tersebut berdasarkan surat edaran Presiden Republik Indonesia.

"Kami juga menghimbau kepada semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tahun ini tahun persiapan menuju normal atas dampak COVID-19 yang melanda. Safari Ramadhan ini Kita maknai dengan sikap rasa syukur dan meningkatkan ukhuwah islamiah bagaimana pemerintah dengan masyarakat tokoh masyarakat tersambung bung ukhuwah islamiah untuk membangun Muba berbasis agama, serta Safari Ramadhan juga bisa di artikan sebagai suatu kewajiban pemerintah dalam penjaringan aspirasi dari masyarakat," tandasnya.

Terkait pelantikan PD-DMI Muba, dimana ia sendiri dipercaya sebagai Ketua Umum DMI Muba, Beni menganggap perlu menempatkan DMI sebagai mitra dalam mencapai membangun Muba berbasis agama.

"Tentu DMI diharapkan melahirkan program yang sangat tepat untuk memakmurkan dan di makmurlan masjid dalam wilayah Kabupaten Muba. Masjid memiliki peran untuk mensejahterakan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Muba H Opi Palopi MA melaporkan Safari Ramadhan dilaksanakan di 15 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba dengan skema berbeda, yakni diprogramkan shalat zhuhur bersama dan diiringi pelantikan DMI Kecamatan.

"Kami mengajak camat tetap menyisihkan konsumsi sebagai bentuk takjil untuk dapat dinikmati di rumah masing-masing," ucapnya.

Lanjutnya, pemilihan ketua umum DMI dilakukan pada tanggal 22 Januari lalu dari hasil musyawarah daerah yang diselenggarakan di Kecamatan Babat Toman yang menunjuk Plt Bupati Muba sebagai Ketua Umum DMI masa bakti 2022-2027.

"Masjid dan musholla di tahun 2020 ada sebanyak 1032, tapi sejak 2022 ini update terakhir bahwa jumlah masjid di Muba sudah mencapai 2013, dengan 905 masjid dan 1108 musholla, terjadi peningkatan yang signifikan ini menandai luasnya Kabupaten Muba dan Islam terus tumbuh di Bumi Serasan Sekate," pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ketua PW DMI Sumsel Dr KA Bukhori Abdullah MHum. Selain itu dalam acara tersebut dilakukan pula penyerahan santunan kepada kaum dhuafa untuk 50 orang dan di serahkan secara simbolis kepada Lasirin, Agus Trimulyo, Muhammad Nur, Fadilah Wati, dan Tursina, masing-masing mendapatkan santunan sebesar Rp.300.000.

Turut hadir diantaranya, Wakil Ketua DPRD Muba Jon Kenedi, Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT, Kapolres Muba AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi, Kasi Intel Kejari Muba Abu Nawas SH, Ketua PA Sekayu Waluyo SAg MHI, Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Frederika Beni Hernedi, serta Kepala Perangkat Daerah, dan Para Pengurus PD DMI Muba, dan PW DMI Provinsi Sumatera Selatan. (Lin)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.