Survey LSOP: Ilyas-Suharto 52,98 Persen, Ovi-Ardani 36,11 Persen

Ilyas Panji Alam- Suharto Hasyim

Indralaya, SuaraSumsel.net- 5 bulan jelang Pemihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Ilir 2020, Lembaga Survey Opini Publik (LSOP) merilis hasil survey terbarunya seputar Pilkada Ogan Ilir 2020. Dari hasil survey yang dilakukan 10 Juli Hingga 14 Juli 2020, pasangan Ilyas Panji Alam- Suharto Hasyim unggul atas pesaingnya pasangan Ahmad Wazir Noviadi-Ardani. Ilyas Panji Alam-Suharto Hasyim meraih elektabilitas sebesar 52,98 persen, pesaingnya Ahmad Wazir Noviadi-Ardani meraih elektabilitas 36.11 persen, sementara 10.91 persen menjawab tidak tahu atau belum ada pilihan

“Calon di Pilkada Ogan Ilir 2020 sudah mengerucut ke dua pasang calon, yaitu Ahmad Wazir Noviadi-Ardani dan pasangan Ilyas Panji Alam-Suharto. Dari wawancara tatap muka yang kami lakukan, elektabilitas pasangan Ilyas-Suharto mengungguli pasangan Ovi-Ardani,” ujar Direktur LSPO, Hendri Wijaya ST MM, Minggu.

Dijelaskan Hendri, dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, pasangan Ilyas-Suharto unggul di 11 Kecamatan, sementara pasangan Ahmad Wazir Noviadi hanya unggul di 5 kecamatan. Ilyas-Suharto unggul di kecamatan Pemulutan Barat, Pemulutan Selatan, Pemulutan Induk, Kecamatan Indralaya, Kecamatan Kandis, Kecamatan Payaraman, Kecamatan Rantau Alai, Kecamatan Sungai Pinang, Kecamatan Lubuk Keliat, Kecamatan Muara Kuang dan Kecamatan Rambang Kuang. Sementara pasangan Ahmad Wazir Noviadi unggul di Kecamatan Tanjung Raja, Kecamatan Indralaya Utara, Kecamatan Indralaya Selatan, Kecamatan Rantau Panjang dan Kecamatan Tanjung Batu.

“Keunggulan Ilyas-Suharto karena masyarakat Kabupaten Ogan Ilir sudah merasakan kinerja Bupati Incumbent, sehingga masyarakat menginginkan Ilyas Panji Alam untuk melanjutkan dua periode,” ujarnya. Sementara faktor berpasangan dengan Suharto mengangkat elektabilitas pasangan ini di kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat dan Pemulutan Selatan. “Pemulutan yang seharusnya menjadi basis keluarga Mawardi Yahya, menjadi milik Ilyas dengan menggandeng Suharto,” katanya. Untuk Ahmad Wazir Noviadi. Bisa menang di lima kecamatan karena nama besar Mawardi Yahya sebagai mantan Bupati Ogan Ilir dua periode yang sukses membangun Ogan Ilir .” Ardani sendiri membantu Wazir Noviadi meraup suara di Kecamatan Tanjung Batu,” terangnya.

Dijelaskan Hendri, dengan keunggulan 16.87 persen dan sisa waktu lima bulan, pasangan Ilyas Panji Alam-Suharto diprediksi akan memenangkan Pilkada Ogan Ilir 2020. “Yang penting, bagaimana caranya Ilyas Panji Alam dan pasangannya mempertahankan tren positif ini dan jangan sampai tersalip oleh Wazir Noviadi-Ardani di sisa waktu ini,” saran Hendri. Sementara untuk pasangan Wazir Noviadi-Ardani, Hendri mengatakan masih ada sisa waktu 5 bulan kedepan untuk menyalip, syaratnya pasangan Wazir Noviadi-Ardani lebih gencar lagi melakukan sosialisasi ke masyarakat dengan memperkenalkan program-program andalannya, sehingga masyarakat yang belum menentukan pilihan bisa mendukung, dan bahkan pemilih yang sudah mengarahkan dukungan, bisa merubah arah dukungan.

“ Syaratnya harus lebih aktif turun ke masyarakat,” kata Hendri. Survey dilakukan LSOP selama 5 hari, 10-14 Juli 2020, dengan mengambil sampel 440 secara acak. Metode survey yang dipakai adalah Multistage Random Sampling dengan cara pengumpulan data melalui wawancara tatap muka. Margin of Error dari Survey ini adalah 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (Muhlis)

author
No Response

Leave a reply "Survey LSOP: Ilyas-Suharto 52,98 Persen, Ovi-Ardani 36,11 Persen"