Survey LSKP: Ilyas-Suharto 48.18 Persen, Ovi-Ardani 40.91 Persen

Ilyas Panji Alam- Suharto Hasyim

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Ilyas Panji Alam-Suharto Hasyim unggul 7.27 Persen atas pesaingnya pasangan Ahmad Wazir Noviadi- Ardani Keunggulan Ilyas Panji Alam yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Ogan Ilir bersama pasangannya Ketua DPRD Ogan Ilir, Suharto Hasyim atas pesaingnya pasangan Ahmad Wazir Noviadi- Ardani, berdasarkan hasil survey dari Lembaga Survey Kebijakan Publik (LSKP), 15-19 Juni 2020.

Berdasarkan survey yang dilakukan LSKP dengan mengambil 440 sampel secara acak di Kabupaten Ogan Ilir, pasangan Ilyas-Suharto unggul dengan persentase 48.18 persen, sementara pasangan Ahmad Wazir Noviadi meraih 40.91 persen dan 10.91 persen tidak menjawab atau belum ada pilihan

“Untuk saat ini pasangan Ilyas-Suharto unggul 7.27 persen. Namun dengan margin of eror 4.8 persen serta ada sebanyak 10.91 persen yang belum menentukan pilihan, belum bisa dipastikan kalau pasangan Ilyas-Suharto akan memenangkan Pilkada Ogan Ilir, terlebih lagi pemilihan masih sekitar 5 bulan lagi,” kata direktur LSKP, Rudi Hartono ST MSI

Dikatakan Rudi keunggulan Ilyas, karena warga sudah melihat kinerja langsung Bupati, terutama dalam membantu warga dalam pandemi covid 19. “ Bupati yang terjun langsung membantu warga turun meningkatkan elektabilitas Ilyas Panji Alam,” jelasnya. Sementara warga yang memilih Ahmad Wazir Noviadi karena faktor orang tuanya yang merupakan mantan Bupati Ogan Ilir dua periode. Selain itu warga masih penasaran dengan kepemimpinan Wazir Noviadi yang hanya beberapa bulan. “Untuk pasangan, terlihat faktor Suharto meningkatkan elektabilitas Ilyas Panji Alam di Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Selatan, Pemulutan Barat dan Kecamatan lainnya, sementara Ardani menopang suara Wazir Noviadi di Kecamatan Tanjung Batu,” ujarnya.

Ditambahkan Rudi, kemenangan Ilyas-Suharto belum bisa dipastikan, karena selisih persentase antara Ilyas-Suharto dan Ovi-Ardani masih dalam kisaran margin of error 4.8 persen. “Dengan margin eror 4.8 persen, masih memungkinkan pasangan Ovi-Ardani untuk memenangkan pilkada, namun tipis di angka 2.33 persen, sementara Ilyas bisa memenangkan Pilkada dengan keunggulan 16 persen suara. Survey LSKP berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 15 Juni sampai 19 Juni 2020 dengan mengambil 440 sampel secara acak. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka, dengan margin of eror sebesar 4.8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. “Sisa waktu lima bulan bisa dimanfaatkan kedua pasangan calon untuk meningkatkan elektabilitas, apalagi masa mengambang atau yang belum menentukan pilihan masih ada sebesar 10.91 persen. “ Jika masing-masing calon bisa mengambil suara mengambang ini, bukan tidak mungkin bisa memenangkan pertarungan,” tutup Rudi. (Deki )

author
No Response

Leave a reply "Survey LSKP: Ilyas-Suharto 48.18 Persen, Ovi-Ardani 40.91 Persen"