Pekerjaan Jembatan Pulau Panggung – Batu Surau Semende Senilai Rp 27 M Terancam Kembali Mangkrak

banner 468x60

Semende, Suarasumsel.net -- Proses pengerjaan jembatan yang menghubungkan Desa Pulau Panggung dengan Desa Batu Surau wilayah Semende menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muara Enim Tahun Angaran 2021 terancam kembali mangkrak karena hingga akhir tahun masih progres pekerjaan belum mencapai 100 %.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pekerjaan fisik pembangunan jembatan tersebut dilaksanakan oleh PT Buluran Permata Lematang dengan penawaran terkoreksi Rp 26.209.000.000 dari nilai harga perkiraan sementara (HPS) Rp 27.233.443.000 untuk pekerjaan bentang jembatan sepanjang 80 meter dengan cor beton.

Meskipun diperkirakan telah mulai dikerjakan sejak bulan bulan Juli terhitung ditandatanganinya kontrak dalam waktu 170 hari, tetapi hingga akhir waktu yang ditetapkan progres pekerjaan belum mencapai 100 % dan diperkirakan terancam kembali mangkrak.

Anggota DPRD Muara Enim asal Semende, M Chandra saat dikonfirmasi via telephon mengatakan, dirinya akan meminta berkas Rencana Anggaran Biaya (RAB) beserta gambar pembangunan jembatan rangka baja dan perbaikan geometrik ruas jalan Pulau Panggung - Sigamit di Desa Batu Surau tahap 2 dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk mengetahui sejauhmana kewajiban kontraktor secara teknis terhadap pembangunan jembatan tersebut.

"Saya juga telah berencana turun ke lokasi pembangunan jembatan Pulau Panggung - Sigamit bersama rekan-rekan Dewan dari Semende untuk mencocokkan pekerjaan yang wajib dikerjakan kontraktor berdasarkan kontrak, RAB dan gambar dengan yang dikerjakan di lapangan, setelah itu barulah kita memutuskan tindakan yang akan dilakukan selanjutnya," katanya.

Chandra menegaskan, jika memang benar pekerjaan yang wajib dikerjakan kontraktor tidak berhasil diselesaikan sebagaimana waktu yang ditentukan, maka akan diputuskan kontraknya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang juga Kepala bidang (Kabid) Jalan & Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Apri Sandi saat dikonfirmasi via telphon di nomor 08136725 .... tidak dapat dihubungi begitu juga saat dikontak ke nomor 08526767... dalam keadaan tidak aktif.

Sedangkan pengawas lapangan PT Buluran Permata Lematang, Harmoko tidak banyak memberikan komentar terkait masih dikerjakannya pembangunan jembatan Pulau Panggung - Batu Surau, menurutnya pihaknya masih berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan ketentuan.

"Sampai saat ini para pekerja masih berkerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, kami tetap berupaya agar dapat menyelesaikan pembangunan jembatan meskipun dengan tambahan waktu," pungkasnya.

Saat ditanya mengenai tambahan waktu serta kemungkinan denda yang akan dan atau telah berjalan dirinya mengaku tidak tahu banyak begitu juga saat ditanya berapa persen progres pekerjaan dan berapa lama lagi waktu yang diperlukan dirinya menegaskan tidak tahu. (Nov)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.