banner 728x90

Ketua DPD RI Himbau Bupati Piawai Kelola Anggaran

banner 468x60

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengimbau para bupati untuk piawai mengelola anggaran. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diharapkan bisa dimanfaatkan secara fokus sesuai skala prioritas.
Oleh sebab itu, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan bupati untuk tidak mengecer APBD dan memberi alokasi dana untuk semua pos pengeluaran dan seluruh dinas.

Saya kira keinginan Presiden Joko Widodo harus diterjemahkan dengan serius oleh i bupati. Para bupati harus mengutamakan belanja pada skala prioritas, fokus pada yang esensial,” ujar LaNyalla, Sabtu (27/3).
Dikatakan, keadaan APBD yang terbatas, bupati dituntut piawai mengelola anggaran, dalam hal ini soal manajemen.

“Sebagai kepala daerah tentu para bupati harus mampu mencari sumber pemasukan APBD yang tidak memberatkan masyarakat,” tuturnya.

Dia mengingatkan, agar penggunaan APBD harus terukur. Masyarakat harus dapat merasakan manfaat dari penggunaan skala prioritas anggaran.

“Bupati harus dapat menetapkan kebijakan membuat 1 program unggulan dalam pembangunan daerah. Tetapi, harus ditetapkan target pencapaian serta evaluasinya. Jadi penggunaan anggaran bukan sekadar belanja daerah dan belanja wajib seluruh dinas,” tegasnya.

Kebijakan bupati lanjut LaNyalla, harus menggunakan standar transparansi dan akuntabilitas agar publik turut terlibat dalam pengawasan. “Sudah waktunya pemerintah daerah menjalankan fungsi pemerintahan dengan terbuka. Termasuk penggunaan APBD yang diharapkan dapat berdampak positif untuk masyarakat,” papar Senator dari Jatim tersebut. (rel)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Ketua DPD RI Himbau Bupati Piawai Kelola Anggaran"