Kepsek SDN 03 Payaraman Bantah Lakukan Pungli

banner 468x60

OGAN ILIR, Suarasumsel.net-- Kepala Sekolah SDN 03 Payaraman pada siaran persnya, Selasa (6/7) membantah keras pemberitaan dari sejumlah media online yang menyatakan dirinya melakukan pungli kepada wali murid, menurutnya sumbangan yang menjadi objek berita tersebut adalah inisiatif dari wali murid melalui rapat komite.

Kepala sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Payaraman, Nab'ah SPd I mengatakan, tudingan pungli berapa sumbangan terhadap wali murid oleh salah satu media online terhadap dirinya beberapa hari lalu sama sekali tidaklah benar dan terkesan mencemarkan nama baik," katanya.

Nab'ah menyesalkan adanya pemberitaan miring dari salah satu media online tersebut, bahkan oknum awak medianya sempat menyebut-nyebut ada LSM Kapak Merah yang akan angkat permasalahan ditudingkan ini.

"Saya sudah melaporkan dengan atasan hingga pihak Dinas Pendidikan Ogan Ilir (OI) terkait tudingan fitnah tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komite SDN 03 Payaraman, Zainal ungkapkan, jika sumbangan sebesar Rp.150ribu yang digalang oleh 34 wali murid kelas VI tersebut, adalah inisiasi pihak Komite dan wali murid yang telah dibahas dalam rapat pada awal Mei lalu.

"Awalnya sumbangan itu, untuk biaya perpisahan murid kelas VI. Namun dikarenakan Pandemi Covid-19 saat ini, maka dalam rapat komite sumbangan yang terkumpul sejumlah dana yang disepakati dialihkan untuk penyelesaian bangunan gerbang sekolah," katanya.

Dalam rapat komite beberapa waktu lalu, dihadiri 26 wali murid dari total 34 wali murid yang dibuktikan dalam berita acara dan notulen rapat.

"Ada beberapa wali murid juga yang belum menyumbang, tapi intinya saat rapat komite yang dihadiri lebih dari 50 persen itu, para wali murid tak ada yang kemukakan pendapat merasa keberatan," katanya.

Zainal juga menegaskan, dalam hal sumbangan komite untuk menyelesaikan bangunan gerbang sekolah SDN 03 Payaraman tersebut, murni inisiatif komite.

"Ini murni hasil persetujuan kami dalam rapat komite. Jadi, kami pun sangat menyesalkan tudingan dalam pemberitaan yang mengatasnamakan dari laporan salah seorang wali murid, intinya jangan membuat gaduh sekolah kami dengan pemberitaan tak berbobot," ungkap Zainal.

Ia juga berharap, tentunya, masih banyak berita lain yang lebih patut diekspose, misalkan apa saja prestasi sekolah SDN 03 Payaraman dan berita-berita berbobot memotivasi lainnya

"Sebelumnya, SDN 03 Payaraman ini tidak terlalu mencolok, namun sejak dipimpin Kepsek Nab'ah, setidaknya sudah ada tambahan bangunan 4 lokal bersumber dari DAK. Jadi, ada gedung belajar yang baru, pagar dan gerbang sehingga sekolah jadi lebih tertata dengan baik," tandasnya

Hal senada juga disampaikan Aidi, seorang wali siswa menegaskan, betapa naifnya tudingan pemberitaan oleh salah satu media online yang info laporannya mengatasnamakan salah seorang wali siswa.

"Kami ikut dalam rapat komite pak, dihadiri Ketua Komite, Kades Tebedak II dan 26 wali murid yang berkesempatan hadir dari total 34 wali murid kelas VI SDN 03 Payaraman ini, dalam rapat sebelumnya saya juga saksikan tidak ada wali murid yang berkeberatan dalam rapat karena ini hanya Rp.150ribu lho bukan Rp.150juta perwalinya. Namun tiba-tiba, muncul pemberitaan seperti itu yang terkesan menjudge Bu Kepala Sekolah," katanya.

Selain itu, selama 6 tahun anak-anak dididik dengan telaten di SDN 03 Payaraman hingga bisa baca tulis dan sampai lulus kelas VI.

"Kami minta jangan buat gaduh sekolah kami dengan pemberitaan tak berbobot itu, betapa naif dan tak wajarnya tudingan pemberitaan salah satu media online itu kepada Kepsek SDN 03 Payaraman tersebut. Sepertinya, berita ini salah alamat dan itu mencerminkan sejauhmana kompetensi oknum wartawannya," tegasnya.

Demikian juga disampaikan Kades Tebedak II, Jamhuri, berikan support moril atas kinerja Kepsek SDN 03 Payaraman, Nab'ah SPd I dalam memajukan dunia pendidikan khususnya di Desa Tebedak II ini.

"Selaku Kades Tebedak II, saya juga ikut hadir dalam rapat komite yang membahas sumbangan wali murid tersebut. Tidak ada yang keberatan dalam rapat komite itu, jadi kami sesalkan pemberitaan miring ditudingkan ke Bu Nab'ah," ungkapnya.

Kades juga menyemangati Kepsek Nab'ah, untuk tidak terpengaruh dan tidak ambil pusing terkait berita tudingan salah alamat itu.

"Sepengetahuan kami, dana BOS hanya bisa dipergunakan untuk rehab ringan saja. Jadi menyikapi agar hewan ternak kaki empat agar tidak bisa masuk ke halaman sekolah, komite mengadakan musyawarah penyelesaian bangunan gerbang sekolah. Karena tidak bisa dialokasikan dari dana BOS, maka solusi dalam rapat komite melalui sumbangan wali murid, ya pastinya untuk kebaikan anak-anak kita juga saat sekolah," pungkas Kades Jamhuri.

Terpisah, Korwil Dikbudcam Payaraman, Jamaluddin membenarkan, jika Kepsek SDN 03 Payaraman telah dipanggilnya untuk mengkonfirmasikan permasalahan pemberitaan miring atasnya baru-baru ini di salah satu media online yang beritanya sempat juga dishare ke medsos.

"Pemberitaan yang ditudingkan ke Bu Nab'ah baru-baru ini patutlah disesalkan. Ada baiknya juga kita sharing sebelum sharing informasi. Saya selaku Korwil, juga sudah panggil dan minta penjelasan beserta bukti, berita acara dan lainnya terkait masalah sumbangan itu. Dalam hal ini, sumbangan yang dipergunakan untuk penyelesaian bangunan gerbang sekolah itu murni inisiatif komite sekolah bersama para wali murid," katanya. (Rill)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Kepsek SDN 03 Payaraman Bantah Lakukan Pungli"