banner 728x90

Dua Desa Wakili Lahat Di Proklim 2022

179 views

LAHAT, Suarasumsel.net ---- Dua desa yakni Senabing kecamatan kota dan Bandar Jaya kecamatan Kikim Barat mewakili kabupaten Lahat dalam program Proklim (Pengendalian Perubahan Ikilim) tahun 2022 oleh kementrian Lingkungan Hidup RI.

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lahat, optimis dua desa yang menjadi wakil dari 81 desa di provinsi Sumsel akan meraih hasil terbaik karena selama ini pola lingkungan sehat dan bersih telah diterapkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Ir.Agus Salman melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Lahat Siti Zaleha,ST.MT mengatakan, terpilihnya desa Senabing Dan Bandar Jaya dimana sebelumnya telah dilakukan pendataan keseluruh desa yang ada. Untuk Proklim 2022 verifikasi akan dilakukan tim dari kementerian lingkungan hidup RI.

"Pada pelaksanaan program kampung iklim di desa Senabing ini nanti akan melakukan pengecekan langsung,apakah yang di laporkan dalam sistem sama dengan yang ada di lapangan. Kami berharap untuk desa Senabing ini dapat terus berkelanjutan dalam meningkatkan kebersihan dan menjaga lingkungan desa untuk keberlangsungan masa depan anak cucu kita," ungkapnya lugas.

Kepala Desa Senabing Yudi Sahri menyampaikan, sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan sehingga desa Senabing menjadi salah satu dari 81 desa yang diverifikasi tim kementrian Lingkungan hidu dan Kehutanan RI intuk program Proklim 2022. Sebagai gambaran selama ini Pemdes bersama masyarakat selalu berupaya menjaga pola lingkungan sehat dan bersih sehingga terpilih mewakili daerah.

"Pemdes Senabing bersama masyarakat Babinsa dan Babinkamtimbmas juga melakukan sosialisasi ke warga agar tidak melakukan pembakaran lahan guna menghindari polusi udara dimusim kemarau," terangnya.

Maka dari itu, sambung Yudi, pihaknya optimis jika Proklim 2022 desa Senabing bersama wakil lainnya akan meraih hasil terbaik sehingga dapat mengangkat nama daerah Pemkab Lahat.

Sementara, Kementerian Lingkungan Hidup yang di sampaikan Dwi Setyo Harmojo,S.Hut sangat mengapresiasi kepada masyarakat Senabing yang telah berpartisipasi untuk menjadi desa Proklim tahun 2022 yang di selenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Untuk verifikasi ini, di laksanakan atas usulan Proklim yang telah di sampaikan melalui sistem registrasi nasional dan telah melalui tahapan Des review data yang telah di usulkan sehingga desa Senabing ini sebagai salah satu desa dari 81 desa di Sumsel yang telah terverifikasi.

"Pelaksanaan verifikasi nantinya mohon di fasilitasi untuk mendapatkan informasi yang akan di sampaikan oleh perwakilan organisasi kemasyarakatan yang ada di desa Senabing," paparnya. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.