banner 728x90

Bupati Perintahkan Seluruh Stakeholder Cegah Karhutla

LAHAT, Suarasumsel.net --- Bertempat dilapangan Makodim 0405 Lahat, Bupati Lahat Cik Ujang SH menjadi Pemimpin apel dalam pencegahan Karhutla.

Kegiatan apel tersebut, dilaksanakan pada Senin (18/7/2022) dan Bupati Lahat bersama Forkompinda mengecek peralatan dalam apel persiapan Karhutla, serta memintak instansi dan stakeholder termasuk perusahaan baik pertambangan dan perkebunan untuk dapat selalu mempersiapkan peralatan guna mencegah kebakaran Lahan.

Khusus Provinsi Sumsel pernah menjadi perhatian Dunia bukan karena pembangunannya melainkan Asap yang bertebaran sampai keluar Negara, namun saat ini kita diuntungkan dengan masih diturunkannya Hujan," urai Cik Ujang.

Lebih lanjut Cik Ujang mengatakan, tentu saja ada dampak negatifnya seperti banjir, tanah longsor dan angin putting beliung seperti yang terjadi di Kecamatan Jarai Area.

"Melalui apel siaga ini saya berharap dijadikan momentum, setidaknya meminimalisir kebakaran dj wilayah Kabupaten Lahat. Saya himbau kepada OPD terkait brsama TNI dan Polri, Manggala Agni dan perusahaan segera menyusun langkah strategis,” ujar Cik Ujang.

Tidak hanya itu saja ditambahkan Cik Ujang, budaya lama ditengah masyarakat sendiri yakni masih terus berlanjut yakni saat membuka kebun denngan cara membakar, tentu hal ini harus menjadi perhatian terhadap Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada warga di desa.

"Maka dari itu, seluruh Camat dan Lurah dan Kades segera mensosialisasikan kepada warga di desa dan lurah. Serta membentuk Posko dan kepada pihak Perusahaan Perkebunan untuk menyiapkan pencegahan seperti suplai air dan alat yang dibutuhkan lainnya," pesan Bupati Lahat.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK didampingi Dandim 0405 Lahat Letkol inf Toni Oki Priyono mengatakan, TNI dan Polri dalam menghadapi Karhutla siap menurunkan personil baik di Polsek maupun di Koramil.

"Semua personil TNI dan POlri akan dilibatkan dalam penanganan Karhutla, dan akan kita perintahkan untuk dapat langsung turun kelapangan, guna menyampaikan kepada masyarakat," tuturnya. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.