Survey NIRC: PDIP Kokoh di 29.3 Persen, PSI Tembus 4.2 Persen

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang digawangi anak muda dengan Ketua Umumnya mantan Presenter TV One, Grace Natalie, berdasarkan survei lembaga NEW INDONESIA Reseacr & Consulting (NIRC) melejit ke papan tengah sebesar 4,2 persen,  dibanding  perolehannya di pemilu 2019 sebesar 1,9 persen suara. Hal yang sama dan luar biasa juga terjadi  pada Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang mencapai 29,3 persen,  dibanding pemilu 2019 mencapai 19,4 persen, ujar Direktur Eksekutif NIRC Andreas Nuryono. Urutannya menurut survei itu ; PDI Perjuangan 29,3 persen, Gerindra 12,5 persen, Golkar 9,7 persen, PKB 6,8 persen, PKS 5,5 persen, PSI 4,2 persen, Nasdem 4,1 persen, Demokrat 3,8 persen, PPP 2,4 persen  PAN 1,6 persen.

Bahkan melonjaknya perolehan suara PDI Perjuangan sebesar 10 persen ini, walaupun  hanya kata survei patut diapresiasi, dari partai yang tidak bisa mencalonkan pasangan capres dan cawapres  di 2019 secara sendiri, bisa mencalonkan sendiri pasangan Capres dan Cawapresnya.  Demikian juga dengan PSI  yang melejit mencapai 3 persen suara dan menyalib Demokrat, PKS, PPP, dan PAN. Hal ini, bisa  jadi kinerja PSI di tingkat DPRD terbukti efektif sebagaimana PDIP di tingkat nasional, tandas Andreas.

Survei NIRC dilakukan pada 8-18 Juni 2020, dengan jumlah responden 1200 orang. Metode survei dilakukan melalui sambungan telepon terhadap responden survei sebelumnya yang dipilih secara acak. Margin of error survei sebesar ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Jika dari rilis survei NICR, ada dua partai  yang punya media,  tergerus dari papan tengah ke  ke bawah, Perindo dan Nasdem, sedangkan partai yang  berbasis suara ulama dan keumatan  turun, PPP, PKS, dan PAN,  kecuali PKB. Lalu, partai yang mendukung presiden ke 6, bernasib sama juga, juga. Gambaran ini semakin menjelaskan bahwa  pemegang suara atau rakyat yang berhak memilih lebih banyak menginginkan gebrakan nyata dan spektakuler dibandingkan hanya sekedar harapan belaka. (red)

author
No Response

Leave a reply "Survey NIRC: PDIP Kokoh di 29.3 Persen, PSI Tembus 4.2 Persen"