MK Perintahkan KPU PALI Gelar PSU di 4 TPS

banner 468x60

Jakarta, suarasumsel.net- Mahkamah Konstitusi telah memutuskan hasil sengketa Pilkada PALI 2020. hasilnya, MK memerintahkan KPU Kabupaten PALI untuk menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten PALI.

Empat TPS yang diperintahkan untuk melakukan PSU adalah TPS 6 desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI, TPS 8 desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten PALI , TPS 9 dan TPS 10 desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Pali

Ketua MK  Anwar Usman, mengabulkan gugatan pasangan Devi Harianto dan Darmadi Suhaimi (DHDS) mengenai pelanggaran Pilkada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Keputusan ini menandakan penetapan Bupati Pali terpilih Heri Amalindo dan Soemarjono yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) PALI dibatalkan.

"Dari fakta persidangan, Mahkamah menilai dan memutuskan telah terjadi pelanggaran pemilihan di Kabupaten PALI terutama di empat TPS. Sehingga diperlukan pemungutan suara ulang (PSU) di empat TPS," ujar Anwar Usman saat sidang pleno sengketa pilkada yang dilakukan terbuka,

Menurut Anwar, pelanggaran yang terjadi memengaruhi hasil pemilihan. KPU PALI sebagai penyelenggara harus mengulang pemungutan suara di empat TPS tempat ditemukan pelanggaran.

"PSU di masing-masing TPS yakni TPS 6 Desa Tempirai, TPS 8 Desa Babat, dan TPS 9, serta 10 Desa Air Hitam. PSU akan dilakukan maksimal 30 hari setelah putusan," ujar dia.

Adapun gugatan lain yang diajukan tim DHDS semua ditolak MK, kecuali satu hal tentang pelanggaran di empat TPS. Dari hasil pleno KPUD PALI, pasangan petahana yang memperoleh 50,3 persen atau 51.861 suara sedangkan penantang hanya memperoleh 49,7 persen atau 51.145 suara.

Amalindo-Soemarjono digugat oleh penantang karena terdapat selisih 2.074 suara dalam hasil penghitungan akhir. Menurut tim pelapor, terdapat perbedaan hasil penghitungan suara berbasis daftar hadir, formulir C, dan salinan KWK. Pihak penantang menemukan banyak perbedaan data pemilih, dan kebanyakan mereka memilih sebanyak dua kali di beberapa TPS. (hen/times)

 

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "MK Perintahkan KPU PALI Gelar PSU di 4 TPS"