Bawaslu Sumsel Fokus Cegah Money Politik dan Berita Hoax

Jelang pilkada serentak yang akan berlangsung Desember mendatang sosialisasi gencar dilakukan Bawaslu Sumsel,  2 fokus  yang menjadi perhatian Bawaslu adalah money politics dan berita hoax yang disebar oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Karena komitmen untuk menolak politik uang dan hoaks adalah luar biasa, 2 agenda ini menjadi perhatian serius bagi kami,”kata Ketua Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto,

Keberadaan Kampung Anti Politik Uang dan Hoax,  dilanjutkan Iin diharapkan akan menimbulkan efek samping positif bagi penyelenggaraan pemilu dan pilkada. Dengan adanya kampung ini, diharapkan akan mencegah pelanggaran pilkada, khususnya politik uang dan hoax.

Politik uang  harus disepakati sebagai racunnya demokrasi. Karena itu penyelenggara, peserta pemilu, dan masyarakat harus menghindari terlibat dalam politik uang.

“Kepada masyarakat terus diingatkan bahwa menerima politik uang akan membuat sengsara selama lima tahun. Terhadap penyelenggara, baik KPU maupun Bawaslu sudah banyak yang dipecat oleh DKPP karena  politik uang,”ujarnya.

Iin menjelaskan pelaksanaan pilkada saat ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Pilkada kali ini berlangsung dalam kondisi pandemi covid.

“Pengawasan pilkada yang dilakukan Bawaslu juga bertambah. Kalau dulu yang diawasi hanya tahapan saja, sekarang yang diawasi juga soal kepatuhan penyelenggara melaksanakan protokol kesehatan,”kata Iin (red)

author
No Response

Leave a reply "Bawaslu Sumsel Fokus Cegah Money Politik dan Berita Hoax"