Bagaimana Cara Penggunaan Marketplace B2B ? Mari Cari Tahu


PALEMBANG, Suarasumsel.net — ¬†Marketplace B2B merupakan platform yang dapat membantu menjembatani penjualan antar pelaku bisnis, biasanya yang melakukan transaksi ini bukan perorangan, namun organisasi atau kelompok. Bagaimana cara penggunaan marketplace B2B?

Angel dari Digitalic.id pada siaran persnya menjelaskan, ada banyak kelebihan dari marketplace B2B, kelebihan ini akan dirasakan jika memahami cara menggunakan marketplace B2B untuk membangun bisnis yang menguntungkan, ada beberapa cara penggunaan marketplace B2B yang perlu diketahui.

“Pertama kita harus mengenali kompetitor sebelum mulai melakukan bisnis B2B, anda perlu mengetahui sebanyak mungkin informasi tentang kompetitor anda, pelajari bisnis yang telah ada dan cari tahu kelebihan dan kekurangannya untuk meningkatkan bisnis Anda,” jelasnya.

Angel menambahkan, kedua Menargetkan pelanggan secara spesifik agar strategi yang dilakukan efektif untuk menjalankan bisnis dan menciptakan produk, setiap perusahaan harus memiliki target pasar terlebih dahulu, selain itu, mengetahui target pasar akan memudahkan pemasaran barang, akan tetapi, target pasar di marketplace B2B cenderung lebih personal.

“Di marketplace ini terdapat data pelanggan yang berisi tentang berbagai informasi, seperti latar belakang, hobi, alasan menggunakan produk, hingga apa yang mereka suka dan tidak suka, data ini dapat digunakan untuk memilih promosi yang tepat untuk target tertentu,” tambahnya.

Masih menurut angel, ketiga pengguna marketplace B2B menyiapkan produk berkualitas, jika sudah mempelajari pasar dan menentukan target, bisa mempersiapkan produk berkualitas, unik dan memiliki daya saing tinggi, kualitas barang ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kemungkinan sukses pada bisnis B2B, barang yang berkualitas pastinya akan membuat pelanggan puas bahkan tidak jarang akan membeli kembali atau merekomendasikan produk pengguna marketplace B2B.

Angel melanjutkan, ke-4 pengguna marketplace B2B harus memilih marketplace yang tepat, jika telah melakukan analisa dan target pasar serta menyiapkan produk bisa langsung memilih platform marketplace B2B yang akan digunakan, pilihlah platform B2B yang dikenal memiliki kinerja dan memiliki pelayanan yang baik pada perusahaan b2b yang bekerja sama dengannya.

“Pada umumnya platform B2B memiliki fitur yang serupa, hal ini terkadang membuat anda sedikit kesulitan untuk memilihnya, akan tetapi jika anda memperhatikan dengan teliti, beberapa marketplace B2B di Indonesia memiliki fitur tambahan yang sangat menguntungkan, misalnya Blibli,” lanjutnya.

Dikatakan Angel, Blibli merupakan salah satu marketplace B2B di Indonesia yang memiliki reputasi baik serta memiliki banyak fitur yang menguntungkan, beberapa fitur menguntungkan tersebut antara lain pengalaman pengadaan secara mandiri, sistem pengadaan digital, saluran distribusi terbesar di seluruh penjuru negeri, hingga transaksi yang aman dan transparan.

“Ke – 5, pengguna marketplace B2B perlu menyediakan deskripsi dan foto produk untuk memasarkan produk di marketplace yang telah memiliki reputasi baik ini memungkinkan pergerakan barang luas sehingga dapat meningkatkan penjualan, siapkan foto dan deskripsi produk yang akan di jual secara detail,” katanya.

Ditegaskan Angel, deskripsi produk ini fungsinya untuk memberikan informasi lengkap kepada pembeli, mulai dari definisi, cara penggunaan, hingga keuntungan jika membeli produk yang anda jual, sedangkan foto produk berkualitas tinggi dan original akan membuat pelanggan memberikan kepercayaan lebih kepada produk dan perusahaan anda.

“Membangun hubungan jangka panjang transaksi antar perusahaan B2B memerlukan proses yang lebih panjang karena banyaknya pihak yang terlibat dalam proses transaksi. Selain itu, besarnya nominal serta nilai produk yang dilibatkan dalam akad jual beli juga membutuhkan waktu,” tegasnya.

Angel menyimpulkan, oleh sebab itu, berinvestasi pada pihak-pihak yang terlibat pada proses kesepakatan akad jual beli merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan agar produk bisa dikenal, pilihlah penanggung jawab yang dapat menunjukkan komunikasi personal yang baik.

“Demikian cara penggunaan marketplace B2B yang perlu anda ketahui dan bisa Anda terapkan dalam menjalankan bisnis ini. Langkah terbaik dalam menjalankan bisnis adalah dengan mengetahui cara menjalankan bisnis dengan tepat dan efektif,” simpulnya. (Rillis)

Berita Terkait

Top