Asisten II Pimpin Rapat Pembahasan Penebangan Pohon Kawasan Permukiman Area Stasiun Keteta Api Muara Enim

banner 468x60

Muara Enim ---Suara Sum Sel, Menindak lanjuti Surat permohonan Nomor: KA.104/X/1/DV.3-2021 Tanggal 18 Oktober 2021 tentang penebangan pohon sebanyak 9 (sembilan) batang pohon diarea stasiun Kereta Api Muara Enim,

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Daerah Kab. Muara Enim H Riswandar pimpin langsung RapatJum'at (22/10) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim.

Menurut Asisten II dalam kata sambutan nya "mengatakan bahwasanya, sesuai dengan fungsi THKP dalam pasal 14 ayat (3) Permendari No.1 Tahun 2007

"ditetapkan bahwa penebangan pohon diareal RTHKP publik dibatasi secara ketat dan harus seizin Kepala Daerah dan Peraturan Daerah Kab. Muara Enim Nomor 13 Tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Muara Enim

dalam penyediaan ruang terbuka hijau seluas 30% dari luas kota juga 20% merupakan RTH publik, 10% RTH privat.

"Jika kita berpedoman dengan Permendagri dan Perda tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwasannya penebangan pohon dalam kawasan RTHKP ini tidak sembarang, namun kami akan berusaha sebaik mungkin akan mendapatkan perizinan terkait permohonan PT KAI menebang beberapa pohon disekitar bangunan Stasiun Muara Enim."ujar Asisten II.

"Saya minta kepada Pihak PT kereta api Indonesia (KAI) turut serta membantu Pemkab. Muara Enim demi mewujudkan 30% Ruang Terbuka Hijau" sebagaimana yang dimuat didalam Perda Kab. Muara Enim No 13 Tahun 2018 untuk setidaknya memberikan 1000 pohon kepada 1 desa yang ada ditiap Kecamatan di Kab. Muara enim,"tegas Asisten II.

Lebihlanjut dirinya mengatakan, Permintaan 1000 Batang Pohon untuk 1 desa ini semata-mata adalah bentuk feedback kita selaku pemangku kepetingan dalam hal ini Pemkab. Muara Enim bersama PT KAI selaku pihak BUMN kepada Kabupaten Muara Enim.

dalam acara tersebut didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kab. Muara Enim, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Sekdin DLH, Camat Muara Enim serta perwakilan dari PT,kereta Api Indonesia (KAI.)(Awang)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.