OKU Timur Akan Jadi Sentral Pembibitan Benih Patin


Melihat potensi yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan jadikan Bumi Sebiduk Sehaluan ini sebagai sentral pembibitan benih ikan patin.

Direktur Pembenihan Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Ir Nono Hartanto, M.Ag saat di wawancarai, Kamis 14 Oktober 2021 di pemda OKU Timur mengatakan progres kampung patin di OKU Timur sudah berjalan dengan baik dan mulaivakan berjalan di tahun 2022.

Nono mengatakan, KKP sudah menyiapkan dukungan dukungan untuk kampung budidaya patin ini, dukungan itu di antaranya eksapator, mesin pakan mandiri yang akan memproduksi pakan 1 sampai 2 kilogram perjam, semoga produksi ini akan memenuhi kebutuhan pakan di OKU Timur. Selain itu KKP juga akan berikan bantuan berupa sarana untuk pembenihan.

Masih menurut Nono, kedepan kita harus menciptakan kemandirian kemandirian, dengan adanya pakan yang mandiri, benih yang mandiri maka akan menambah profit bagi pembudidaya ikan patin.

Nono juga mengatakan, tim KKP sudah melakukan surve, dan melihat Balai Benih Ikan yang ada di Kabupaten OKU Timur memiliki potensi benih secara mandiri hanya saja perlu perbaikan disana sini.

Pembenahan tersebut menurut Nono, pembenahan dari segi managemennya dan SDM nya. KKP sendiri akan siap membantu melalui UPT Perikanan Air Tawar yang ada di Provinsi Jambi untuk membecup induk yang unggul.

Tidak itu saja, KKP juga siap menyiapkan SDM yang unggul, serta membenahi managennya.

Nono Mengaskan, OKU Timur akan di jadikan Sentral Bibit Benih Ikan Patin di Sumbagsel.

Sementara itu Bupati OKU Timur H Lanosin ST mengatakan, kita bersyukur sekali mendapat kunjungan dari KKP yang membidangi soal perikanan yang terkhusus soal kampung patin di OKU Timur.

Kabupaten OKU Timur sendiri, kata enos, masuk enam Kabupaten di indonesia yang terpilih menjadi lumbung pangan binaan KKP.

Kita mendapatkan bantuan dari KKP soal pakan ikan patin ini secara mandiri, kemudian soal pembiyayan budi daya ini Kementrian Koprasi RI juga siap membantu.

Enos menegaskan, Pemerintah juga tidak hanya memikirkan produksinya saja tetapi pemerintah Kabupaten OKU Timur juga memikirkan industri hilirnya, seperti hasil produksinya fillet ikan patin, naget ikan juga di pikirkan.

Kalau pengelolaan budidaya kampung patin ini baik dan sukses, Kementrian Kelautan Dan Perikanan juga akan membantu pemasaran induatri hilirnya.

Direktur pembibitan KKP juga di dampingi oleh Dr. Purwanto, MM selaku tenaga ahli bidang perikanan Eqi D Fuad, M.si, – PIC Kampung patin Nasional, Boyun Handoyo, M.Si Kepala Balai besar Perikanan Air Tawar Jambi, Leonardi Pratama MM Kabid Pengembangan perkoperasian Kementrian Koperasi dan UMKM dan Rizky Agreefisheries dari Telkom Indonesia. Sementara Bupati OKU Timur didampingi Asisten II M Husin, Staf Khusu Suparman Kadin DLH Fauzi Bakri, Kadin Disperindag Amin Zen, Kadin Koprasi dan UKM Santio, dan Diskominfo Arfan Hermawan. (Kom)

Berita Terkait

Top