Mengenal Lebih Dekat Meli Mustika, Istri Bupati Ogan Ilir

Meli Mustika SE,MM perempuan cantik yang lahir di Tulung Selapan, 23 November 1970 lalu ini begitu akrab bagi masyarakat Ogan Ilir (OI) Sumsel.

Dia adalah istri Ilyas Panji Alam Bupati Ogan Ilir periode 2016-2021,

Selain berprofesi sebagai DPRD Provinsi Sumsel, ibu tiga anak adalah seorang pengusaha sukses di bidang property dan perkebunan.

Bagaimana perjalanan karier Meli Mustika?

Selain berprofesi sebagai anggota DPRD Sumsel , ibu ini pengusaha kan kalau boleh tau di bidang apa bu?

Saya punya usaha perkebunan dan perhotelan, Memang dulu keluarga sudah punya usaha tersebut terutama di bidang property. Bahkan sejak saya kecil sudah ada usaha perkebunan dan perhotelan tersebut.

Boleh diceritakan bu sejarahnya?

Dahulu memang keluarga bergelut di dunia bisnis terutama property. Yang fokus jual beli property dan jual beli tanah. Nah dari situlah awal mula bisnis hotel saya yang ada di kampung (OKI) bermula. Namanya Hotel Waras, walupun tidak terlalu sebesar hotel-hotel yang ada di Kota Palembang. Tapi cukuplah untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen. Lalu tahun 2018 saya membangun hotel yang kedua saya bernama Ilaya Hotel & Resort.

 Kalau bisnis perkebunannya bu?

Nah kalau yang ini sangat menarik. Usaha perkebunan yang saya miliki di sini ialah di bidang perkebunan karet. Dahulu memang di kampung saya (OKI) lapangan pekerjaan memang tidak sebanyak di kota. Maka dari itu saya memberdayakan warga sekitar untuk dapat bekerja dengan saya sebagai penyadap karet. Untuk masalah gaji saya lebih senang menggunakan sistem bagi hasil, sampai sekarang juga seperti itu.

Ada kesulitan gak bu dalam menjalani usaha baik di perkebunan karet dan juga Hotel?

Kesulitannya pasti ada. Saya bahas yang pertama dulu ya. Dari bisnis usaha di bidang perkebunan karet itu bila harga karet menurun. Tentu jadi problematika kita. Tapi itu juga bukan menjadi permasalahan bagi kita karena kita tau dan para pekerja juga tau bahwa harga karet memang sedang turun. Selain itu juga upaya lain saya lakukan untuk mensejahterakan pekerja.

Sementara untuk di bidang perhotelan. Ya karena hotel saya yang pertama saya letaknya di jalan lintas timur dan berada dalam kawasan perlintasan tak banyak yang menginap. Begitu juga sebaliknya hotel kedua saya yang berada di Indralaya juga seperti itu.

Upaya apa yang ibu lakukan untuk meningkatkan penghasilan dan juga penunjung?

Kalau perkebunan karet ya kita juga masih melihat harga pasaran karet berapa. Ya saya harap bisa naik harganya dari biasanya. Sementara kalau hotel untuk di Hotel Waras kami masih bekerja sama dengan dinas terkait dan menyampaikan promosi dari mulut ke mulut.

Untuk hotel kedua saya yang berada di Indralaya kami juga bersama dengan dinas terkait, perusahaan-prusahaan, beberapa tempat outbond disana dan juga kita sudah masuk ke pasar online atau pengunjung bisa melihat Hotel Ilaya di aplikasi Traveloka.

Apa yang ditawarkan di kedua bidang usaha milik ibu sendiri?

Penawarannya kalau di perkebunan karet milik saya, Ya saya memiliki hasil karet terbaik yang diolah dengan baik sahingga hasilnyapun juga sangat baik. Sementara untuk hotel terutama untuk hotel saya yang di Indralaya kita tawarkan ruangan rapat baik itu untuk rapat ataupun pelantikan kita sediakan itu selain itu juga di Ilaya Hotel menyediakan tempat untuk pesta pernikahandan juga outbond.

Untuk pendapatan dari kedua usaha ibu sendiri?

Nah kalau yang ini tidak bisa saya sebutkan.

Wanita Harus Percaya Pada Kemampuannya Baginya kartini di zaman sekarang harus mempunyai semangat seperti kartini dan mempunyai keingianan untuk maju seperti kartini yang dimulai dari belajar pada lingkungan sekitar kita.

“Sebagai perempuan kita tunjukkan kita mampu untuk bekerja apapun itu yang sesuai dengan keahlian yang kita punya. Karena tidak ada tebang pilih antara perempuan dan laki-laki, semuanya sama,”ujar Meli Mustika.

Hal itu juga ia terapkan kepada anak-anaknya. Ibu tiga anak ini walaupun sibuk dengan pekerjaanya sebagi pengusaha dan DPRD, ia juga tak lupa untuk memberikan perhatian kepada keluarga.

Bahkan ada hari khusus atau Family time loe. Biasanya mereka menghabiskan waktunya pergi makan bareng, nonton di bioskop dan ketempat keluarga-keluarga yang sedang melaksanakan acara.

Biodata :

Nama                            : Meli Mustika, SE, MM
Tempat, tanggal lahir    : Tulung Selapan, 23 November 1970
Alamat                          : Perumahan Bukit Sejahtera, Palembang
Pekerjaan                     : Anggota DPRD Sumsel  dan Pengusaha

Organisasi                    : Ketua PKK Kab OI, Ketua PMI Kab OI, Bendahara PDIP OI

Suami                            : M Ilyas Panji Alam SH, SE, MM
Anak                              :

memiliki 3 anak bernama
1. Jialyka Maharani
2. Navita Khansa Victoria
3. M Daffa Firjarullah

Riwayat pendidikan : (S1) Universitas Sriwijaya jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
(S2) Universitas Bina Darma Jurusan Magister Managemnt
Hobi : Kumpul bersama keluarga

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Lebih Dekat Meli Mustika, Istri Bupati Ogan Ilir"