banner 728x90

Herman Deru Targetkan Tanam 1 Juta Bibit Kopi

banner 468x60

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru targetkan penanaman 1 juta bibit kopi di bumi sriwijaya. Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat mengukuhkan Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Kopi Indonesia (DPD ASKI) Sumsel, di Graha Bina Praja, Kamis (28/1/2021).

“Perkebunan kopi di Sumsel sangat luas, berdasarkan data terakhir yang kita punya sebesar 250 ribu hektar. Semua akan kita maksimalkan, kita bantu petani dengan kopi varietas unggul I juta bibit kopi, secara berkelanjutan, seperti sudah diawali di Kota Pagaralam,” kata Deru.

Menyongsong persaingan industri kopi yang semakin ketat, Sambung Deru, Kopi Sumsel harus mampu bersaing karena kualitasnya. Seperti halnya publik nasional telah mengenal bahwa varietas kopi robusta, arabika dan liberika mempunyai cita rasa yang berbeda dibandingkan daerah lain.

“Maka dari itu, semakin banyak organisasi komoditas kopi yang berdiri di Sumsel akan semakin baik. Saya harap merka mampu bersinergi bersama Pemprov Sumsel untuk memajukan kopi kita baik lokal, ataupun meningkatkan ekspor kopi,” imbuh Deru.

Sementara itu Ketua DPD ASKI Sumsel, Herlan Aspiudin mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai stageholder dan mengundang investor, supaya Sumsel menjadi sentra industri kopi nasional dan bahkan dunia.

“Kami meminta pak Gubernur mambuat aturan kepada Bupati/Walikota, jangan mengeluarkan kopi dalam bentuk biji. Keluarkanlah kopi yang sudah diolah terlebih dahulu, ini penting. Supaya nilai jualnya meningkat,” ujarnya optimis.

Herlan turut menyampaikan, DPD ASKI Sumsel berencana akan membuat satu brand kopi cirikhas untuk dipasarkan, yakni Kopi Sriwijaya. “Dikemas sedemikian rupa, menyertakan juga asal kopinya dari mana. Seperti asal dari Pagaralam, Semendo dan sebagainya. ketahuilah kopi kita ini lebih baik dari kopi derah lain,” pungkasnya.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Herman Deru Targetkan Tanam 1 Juta Bibit Kopi"