Herman Deru Panen Raya di Banyuasin


Perhatian Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru terhadap sektor pertanian sudah tidak diragukan lagi. Seperti Selasa, (12/10) dimana Herman Deru , melakukan panen raya pada lahan sawah di Desa Sungai Rebo Kabupaten Banyuasin.

Pada lahan 300 Hektare sebanyak 6 Ton padi yang telah dipanen. Panen tersebut dilakukan setahun sekali pada lahan tersebut, panen raya yang dilaksanakan di Desa Sungai Rebo Banyuasin kali ini juga digagas oleh Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional (REKNAS) Sumsel.

Herman Deru berharap untuk panen selanjutnya lahan sawah di Sungai Rebo Banyuasin bisa melakukan panen untuk 2 kali dalam setahun. Untuk itu HD mengintruksikan Dinas Pertanian dan Dinas PU PSDA Sumsel untuk membangun tanggul , guna menormalisasi sungai agar air dapat diatur. Dengan demikian pada musim tanam berikutnya dapat ditingkatkan menjadi 2 kali panen dalam setahun.

Herman Deru juga berharap, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan para petani menjalin kolaborasi lebih erat guna mencapai target untuk panen 2 kali dalam setahun. Karena HD menilai dengan lahan yang ada di Desa Sungai Rebo mempunyai potensi panen yang lebih.

Dalam kesempatan itu juga, Herman Deru serahkan bantuan pompa air 6 inc (1 unit), pompa air 4 inc (1 unit) dan 0,5 Ton benih padi infari 32 dimana bibit ini juga merupakan sumbangsih dari BPTP Badan Litbang Kementerian Pertanian Sumsel.

Herman Deru mengatakan, sebagai Kepala Daerah di Sumsel dirinya akan terus memberi bantuan untuk sektor pertanian.

“Saya sebagai Kepala Daerah Sumsel dan Bupati Banyuasin akan terus memberikan bantuan dan memberi semangat kepada petani-petani di Sumsel karena ini sudah termasuk tugas Gubernur dan Bupati,” ucapnya

Dikatakan HD masa tanam selanjutnya lahan sawah di Sungai Rebo mampu untuk menanam jenis padi IP 200.

Dalam acara panen raya tersebut juga Herman Deru mendapatkan penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional (DPP PEKNAS) sebagai Tokoh Tani Nasional. (ril)

Berita Terkait

Top