Gubernur Dukung Penuh Pembangunan KEK Tanjung Enim


Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel mendukung penuh pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk.
.
Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) PT Bukit Asam Tbk ke 40 yang digelar di Gedung Serbaguna Bukit Asam, Tanjung Enim, Selasa (2/3).
.
Herman Deru meyakini, pembangunan KEK tersebut tentu akan membawa dampak positif bagi perkembangan Kabupaten Muara Enim khusisnya untuk Desa Tanjung Enim. Hal itu juga berkaitan juga dengan pertumbuhan ekonomi yang akan didapat.
.
Apalagi, KEK tersebut berada tepat di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 8. Dimana PT Bukit Asam berencana mengembangkan bisnis dengan membangun hilirisasi batubara, berupa pabrik pengolahan gasifikasi berbahan dasar hasil tambang tersebut.
.
Disisi lain, di HUT PT Bukit Asam ke 40 tahun ini, Herman Deru PT Bukit Asam terus berkontribusi memajukan Sumsel. Dia juga meminta agar PT Bukit Asam tetap menjadi perusahaan pertambangan yang peduli akan lingkungan.
.
Sementara itu, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin mengatakan, dalam perjalanannya selama 40 tahun, banyak tantangan dan rintangan yang dilalui PT Bukit Asam. Namun hal itu membuat PT Bukit Asam semakin matang dalam mengbangkan bisnis pertambangan tersebut.
.
Bahkan, PT Bukit Asam juga berkontribusi dalam membantu penanganan covid-19 di Sumsel. Dimana lebih dari Rp25 milyar murni diperuntukan untuk penanganan dan Rp6 milyar untuk pengadaan PCR dan lainnya.
.
Diketahui, peringatan HUT PT Bukit Asam ke 40 tahun tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur. Tidak hanya, PT Bukit Asam juga menyerahkan secara simbolis 9000 charity untuk purna bakti PT Bukit Asam dan masyarakat penerima manfaat.
.
Turut hadir dalam acara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Hj Percha Leanpuri, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, PLH Bupati Muara Enim H Nasrun Umar serta Forkompimda Provinsi dan Kabupaten. (HMS)

Berita Terkait

Top