Penuhi Kebutuhan Ketersediaan Darah, PMI Grilya Ke Pelosok Kelurahan/Desa


PRABUMULIH, suarasumsel.net —- Dalam rangka memenuhi ketersediaan stok darah untuk kebutuhan pasien, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Prabumulih, Selasa (30/5) menyambangi masyarakat Kelurahan Sindur Kecamatan Cambai¬† untuk melakukan kegiatan donor darah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kegiatan donor darah jemput bola tersebut  dihadiri Ketua TP PKK bersama Wakil Ketua Tim PKK Kota Prabumulih, Sekretaris Camat (Sekcam) Cambai dan Kapolsek Cambai Polres Prabumulih serta masyarakat Kelurahan Sindur dan sekitarnya.

Ketua PMI Prabumulih, Ir, Hj Suryanti Ngesti Rahayu diwakili Ketua Bidang Organisasi, Jakfaruddin dan Bastian SP, MSi ditemui di sela-sela kegiatan mengucapkan rasa syukurnya atas antusias masyarakat mengikuti kegiatan donor darah, masyarakat sudah mulai berdatangan sejak pagi hingga siang untuk mendonorkan darahnya.

‘Kendati tingginya antusiasme dan banyaknya masyarakat yang datang untuk mendonorkan darahnya, namun setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan, hanya 7 kantong darah yang bisa di dapatkan, tidak semua darah pendonor dapat diambil hanya pendonor dengan stamina dan kesehatan terjaga yang bisa mendonorkan darahnya,” Ucapnya.

Bastian SP menambahkan, meskipun tidak semua masyarakat bisa diambil darahnya, pihaknya mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga atas dukungan dan partisipasi dari warga, antusiasme dan banyaknya warga yang datang setidaknya menunjukkan bahwa kepedulian terhadap pasien yang membutuhkan darah masih tinggi.

Jakfaruddin menambahkan, besok pagi, Rabu (3/5) PMI akan kembali melaksanakan kegiatan donor darah di Pendopoan Rumah Dinas (Rumdin) Walikota Prabumulih, bagi masyarakat yang berminat disarankan agar istirahat dan tidur yang cukup sebelum mendonorkan darahnya agar dianggap layak dan sehat.

“Kegiatan donor darah yang digelar semata-mata untuk kepentingan kemanusiaan yakni memenuhi ketersediaan darah untuk mencukupi kebutuhan darah, karena setiap 1 bulan berjalan paling tidak PMI harus memiliki persediaan 400 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan pasien dari berbagai Rumah Sakit (RS), tambahnya.

Lurah Sindur, Zainab S, ST, MKes saat dimintai komentarnya mendukung penuh kegiatan donor darah di lingkungannya yang juga merupakan program Pemerintah Kota Prabumulih, dalam hal ini kegiatan PMI mencari stok darah di wilayah hukum Kelurahan Sindur.

“Persiapan dan himbauan kepada masyarakat terkait kegiatan donor darah jauh-jauh hari sudah kami sampaikan, meski hasilnya belum memuaskan namun usaha sudah kami lakukan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (Nov)

Berita Terkait

Top