Sekda Muara Enim Pimpin Rapat Pencegahan Penyebaran Covid-19

banner 468x60

Setiap Senin siang, Pemerintah Kabupaten Muara Enim rutin menggelar rapat evaluasi pencegahan penyebaran dan perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim yang kali ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani selaku perwakilan Bupati Muara Enim di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya, Senin (09/08) Kantor Bappeda Muara Enim.

Dalam arahannya, Pj Sekda mendorong para Kepala Desa (Kades) dan Lurah untuk mengoptimalkan peran Posko PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang ada karena menurutnya, efektivitas pemberlakuan PPKM Mikro sangat tergantung pada peran Posko PPKM sebagai wadah koordinasi implementasi dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat Desa/Kelurahan yang mana Kades dan Lurah sebagai aktor utamanya.

Selain itu, Pj Sekda juga meminta agar para Camat dan rekan Forkopimcam dapat memberikan pengertian/edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19.

“Berikan penjelasan kepada masyarakat agar jangan panik dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini karena insyaallah dapat diatasi dengan cara menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas kegiatan) di dalam aktifitas kehidupan sehari-hari dan yang tak kalah penting jaga kesehatan, jaga imun dan rajin berolahraga,” terang Pj Sekda.

Kemudian, Pj Sekda juga menginstruksikan para Camat agar dapat terus berkoordinasi dengan perusahan-perusahaan yang berada di dalam wilayahnya guna mencegah tebentuknya kluster-kluster baru penyebaran Covid-19 di lingkungan tersebut mengingat yang bekerja bukan hanya orang-orang dari Kabupaten Muara Enim saja.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim yang diwakili Kabag OPS Polres Muara Enim Kompol Willian Harbensyah mengajak para Camat, Kades dan Lurah termasuk seluruh lapisan elemen masyarakat untuk sama-sama mengawasi lingkungan masing-masing terkait penerapan protokol kesehatan 5M.

“Jika melihat masyarakat yang tidak mentaati prokes tolong sama-sama diingatkan sehingga rantai penyebaran Covid-19 yang diawali dari lingkungan kita masing-masing benar-benar dapat kita putus penyebarannya,” terang Willian.

Nampak hadir secara langsung, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim diantaranya Kadin Kesehatan, Kadin Kominfo, Kadin Perdagangan, Kadin Koperasi dan UKM, Kepala BPBD, Camat Muara Enim, Camat Lawang Kidul serta Direktur RSUD H M Rabbain Muara Enim dan hadir secara virtual Camat se-Kabupaten Muara Enim termasuk juga para Kepala Puskesmas.(meg)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Sekda Muara Enim Pimpin Rapat Pencegahan Penyebaran Covid-19"