HUT Otoda dan Hardikas Kabupaten OKI, Refleksi Kemandirian Daerah dan Semarakan Merdeka Belajar


OKI, suarasumsel.net — Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun¬† sekaligus peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII di halaman Kantor Bupati OKI. Selasa, (02/05). Peringatan ini untuk merefleksi Kemandirian Daerah dan Semarakan Merdeka Belajar

Bupati OKI, H. Iskandar, SE selaku Pembina Upacara mengatakan Otonomi daerah sejatinya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu, akses pelayanan bisa dijangkau lebih mudah untuk semua.

“Otonomi daerah untuk kedaulatan sampai ke daerah-daerah sehingga memiliki kebebasan untuk membangun daerah berdasarkan kearifan lokal sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Iskandar.

Iskandar melanjutkan, bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten OKI dapat menjadi momentum refleksi sekaligus meneguhkan
keinginan luhur untuk merdeka dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada kesempatan itu, Bupati Iskandar mengajak para pendidik untuk semangat meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

“Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.” Ungkap Iskandar.

Iskandar mengatakan pendidikan merupakan jalan yang bisa ditempuh agar dapat mencerdaskan anak bangsa untuk kepentingan masa depan masyarakat OKI.

“Para leluhur telah mengisi kemerdekaan dengan kedaulatan kini kita harus introspeksi diri seberapa besar kapasitas pengorbanan diri dalam rangka membangun untuk mempersiapkan anak bangsa. Kita semualah yang bertanggung jawab untuk menjaga masa depan”, tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan oleh Duta Literasi OKI, M. Alki Iskandar bagi 58 TK, SD dan SMP di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang telah mengembangkan kegiatan literasi sekaligus pemberiaan penghargaan oleh Ketua PGRI OKI untuk Duta Literasi OKI yang telah berkomitmen mengembangkan kegiatan literasi di OKI.(adi)

Posted in OKI

Berita Terkait

Top