banner 728x90

Musim Tak Menentu, Petani Ragu Memulai Masa Tanam Padi

OKUT, Suarasumsel.net --- Sejumlah petani Desa Rasuan Baru Kecamatan Madang Suku II, mendekati masa tanam merasa ragu untuk memulai menanam padi karena situasi cuaca tidak menentu sehingga sejumlah tanaman padi terdapat perbedaan umur dan diperkirakan masa panen tidak serentak.

Berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa tanaman padi di Desa Rasuan Baru Kecamatan Madang tumbuh tidak serentak, ada yang baru ditanam dan ada yang berumur kurang lebih 1 bulan.

Salah seorang petani Desa Rasuan Baru, Hartanto (30) saat dimintai komentarnya mengaku seelumnya merasa rragu-ragu untuk memulai masa tanam dengan alasan kondisi musim yang berubah-ubah, terkadang cuaca cerah dengan sinar matahari yang terik.

"Akan tetapi ketika baru hendak memulai masa tanam tiba cuaca berubah menjadi hujan secara terus menerus diselingi mendung berawan, akibat cuaca tidak menentu tersebut petani Komering ragu-ragu untuk memulai proses pertaniannya, " komentarnya.

Hartanto berharap, Pemerintah daerah dan pusat diharapkan memperbaiki tanggul irigasi yang sudah ada tetapi sekarang rusak karena longsor agar dapat menjadi pengairan lahan persawahan, apa lagi kehidupan warga Komering 85% hidup dari pertanian (Septadiyanto )

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.