banner 728x90

Longsor Jalan Lintas Desa Manggul Nyaris Setengah Badan Jalan

LAHAT, Suarasumsel.net --- Hujan deras yang menerpa Bumi Seganti Setungguan, diperparah ratusan mobil Tronton yang mengangkut Batubara melintas di lokasi, mengakibatkan, Jalan Desa Manggul kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat mengalami longsor.

Peristiwa tersebut, terjadi pada Subuh Jum'at (15/7/2022), dan Longsor badan Jalinsum ini dengan lebar sepanjang kurang lebih 4 sampai dengan 5 meter dengan kedalaman 1,5 meter.

Sehingga, dilokasi longsor saat ini telah dipasang bambu dan kayu seadanya, guna untuk kendaraan baik R4 maupun R2 supaya dapat berhati hati saat melintas di TKP.

"Diperkirakan longsor Jalinsum dekat dengan Jembatan desa Manggul kecamatan Lahat ini, terjadi pada Subuh tadi dan diketahui pagi harinya," ungkap kepala desa (Kades) Manggul kecamatan Lahat, Hermansyah, pada Jum'at (15/7/2022).

Ia menjelaskan, longsor tersebut telah memakan nyaris setengah badan jalan lintas sumatera (Jalinsum), beruntung saat peristiwa terjadi tidak ada mobil anggutan Batubara yang melintas.

Paginya sambung kepala desa Manggul, bersama dengan warganya langsung kelokasi serta memasang bambu di TKP longsor supaya kendaraan yang melintasi bisa lebih waspada dan berhati-hati.

"Lagi meninjau longsor akibat hujan tadi malam sudah makan badan jalan, longsor ini sudah lama terjadi tapi akibat hujan tadi malam air menerjang diding jalan yang sudah longsor beberapa lalu, kami bersama sama BPD dan warga membuat palang dari bambu di jalan ini," tuturnya.

Terus terang diakui Anggok, terkait longsor yang sudah lama terjadi tetapi belum ada tindak lanjuti dari Pemerintah Kabupaten Lahat dirinya berharap kepada pihak dinas terkait dapat segera memperbaiki longsor yang ada.

"Longsor ini lah lama dan sudah diberitahu oleh pihak pemerintah, kami berharap kepada Pemkab segera tinjau dan langsung perbaikin jalan ini, kalau tidak jalan ini bakal putus," kata Kades di dampingi Ketua BPD Desa Manggul.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lahat Mirzah Azhari ST membenarkan telah terjadi longsor jalan dekat jembatan Desa Manggul.

"Sudah kita tindak lanjuti dan dipasang plat deker, hari ini langsung dikerjakan. Tujuannya, agar para pengendara dapat lebih berhati hati saat melintas dilokasi kejadian," tegas Mirza. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.