Lidyawati Cik Ujang Ingatkan Warga Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat

banner 468x60

LAHAT, - Kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang beserta Anggota dalam rangka kegiatan peningkatan ODF ( Open Defecation Free ) kali ini di gelar di Desa Muara Temiang Kecamatan Merapi Barat, Selasa ( 28/9/2021 ).

Adapun kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat bekerjasama dengan Puskesmas Merapi 2.

Ketua TP PKK Kab.Lahat Lidyawati Cik Ujang dalam kesempatan ini menyampaikan, ODF ( Open Defecation Free ) di Desa Muara Temiang Kecamatan Merapi Barat ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kabupaten lahat,

"Perlu kesadaran serta pengetahuan masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ), dan juga dalam kegiatan ini tidak lupa menjalankan prokes 5 M," kata Lidyawati Cik Ujang

Penyakit menular bisa di cegah dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat, kesadaran akan menjaga Kesehatan lingkungan, perilaku buang air besar sembarangan ( BABS/Open defecation ) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat.

BABS/Open defecation adalah salah satu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka lainya dan di biarkan menyebar mengontaminasi lingkungan, tanah, udarah dan air.

Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehinga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan, agar usaha tersebut berhasil , akses masyarakat pada jamban ( Sehat ) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Keadaan ini kemudian lebih di kenal dengan istilah Open Defecation free (ODF)," sampainya

" Saya berharap kegiatan ini nantinya dapat di sampaikan kepada masyarakat luas bahwa masyarakatnya harus stop buang air besar sembarangan, dan mari biasakan cuci tangan dengan sabun setelah dari jamban/wc." ujarnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadinkes Lahat yang diwakili, Camat Merapi Barat Beserta Ketua PKK Kecamatan beserta Anggota, Kepala Puskesmas Merapi 2, Unsur Trifika Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Rekan - rekan Media.

(Kom/and)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.