banner 728x90

Ketua Bawaslu Lahat Lantik 72 Anggota Panwascam 24 Kecamatan “Setiap Kecamatan Akan Ditempatkan 3 Orang”

LAHAT, Suarasumsel.net --- Bertempat di The Grand Hotel jalan lingkar baru Desa Manggul kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, telah dilaksanakan pelantikan 72 Komisioner Panwascam Kabupaten Lahat.

Pengukuhan puluhan Komisioner Panwascam tersebut, dilakukan pada Sabtu (29/10/2022) sekira pukul 09.00 WIB, langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juansyah.

Turut hadir dalam acara pelantikan 72 anggota Panwascam untuk di 24 Kecamatan Kabupaten Lahat yakni:
- Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juansyah.
- Ketua KPU Kabupaten Lahat Nama Priana, SH, MM.
- Pa. Sandi Kodim 0405/Lahat Letda Inf Rudi Topik.
- Kurniawan S.Pd Komisioner Bawaslu Provinsi Sumsel.
- Kabag Ops Polres Lahat, Kompol Aan Sumardi SE, MM.
- Kepala Kesbangpol Kabupaten Lahat, Drs.H.Surya Desman MSi.
- Komisioner Bawaslu Kabupaten Lahat.
- Delapan Anggota KPU Kabupaten Lahat.
- Lebih kurang 50 tamu undangan dan 72 Komisioner Pawascam Kabupaten Lahat.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Andra Juansyah mengucapkan selamat atas dilantiknya dan diambil sumpah ikrar terhadap 72 anggota Pawascam yang akan ditempatkan di 24 Kecamatan, Kabupaten Lahat.

Sehingga, diharapkan kata Andra Juansyah, dengan telah diambil sumpah ini, maka kiranya dapat menjaga kode etik penyelenggara Pemilu sebagai anggota Bawaslu harus dijalankan sesuai aturan yang ada.

Alhamdulillah, diakui Andra Juansyah, seluruh anggota Panwascam yang terpilih sudah menjalani semua rangkaian Test dari Administrasi hingga, wawancara dengan penuh perjuangan.

"Seluruh rangkaian Test telah dilakukan sesuai dengan Prosedur, termasuk kegiatan dalam menjaga kode etik Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu," tutupnya. Seraya menambahkan, anggota Panwascam akan ditempatkan disetiap Kecamatan sebanyak 3 (Tiga) orang.

Sedangkan, Kurniawan dalam sambutannya selaku Komisioner Bawaslu provinsi Sumsel juga mengucapkan, selamat dan sukse kepada 72 anggota Pawascam Kabupaten Lahat.

"Semoga dapat menjalankan amanah dan segala tanggungjawab sebagai penyelenggara Pemilu," cetusnya.

Dijelaskannya, seluruh rangkaian Test yang telah dilakukan termasuk Test CAT seluruhnya murni, tanpa ada perubahan dari Bawaslu. Sehingga, Test yang diikuti oleh seluruh anggota Panwascam tidak ada rekayas maupun intervensi dalam proses seleksi anggota Pawascam.

Sementara, Bupati Lahat diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Lahat, Drs.H.Surya Desman, MSi menyampaikan, selamat kepada seluruh anggota Pawascam 24 kecamatan di Kabupaten Lahat.

"Harapan kami kepada 72 anggota Panwascam yang akan ditempatkan di 24 kecamatan Kabupaten Lahat, dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai penyelenggara Pemilu," pesan Kepala Kesbangpol Lahat.

Karena, sambung Surya Desman, pada 2024 akan ada pelaksanaan Pesta Demokrasi yang dilakukan setiap 5 (Lima) tahun sekali, seperti pemilihan Presiden, Legislatif, dan pemilihan kepala daerah (Pemilukada).

"Sehingga pengawasan terhadap seluruh rangkaian Pemilu dapat terlaksana, untuk mensukseskan pesta demokrasi. Sinergitas antara penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan dan aparat hukum, agar dapat menciptakan kondusifitas dalam pelaksanaan Pemilu," tutup Kepala Kesbangpol Lahat, seraya menegaskan, kita harus bisa bersama sama dalam menciptakan pesta demokrasi khususnya Kabupaten Lahat yang kundusif dan sukses. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.