banner 728x90

Gerakan Pulau Pinang Bersih Sampah

86 views

LAHAT, Suarasumsel.net ----Jajaran Polisi Sektor (Polsek) Pulau Pinang yang dipimpin langsung Kapolsek Pulau Pinang IPTU Amrin Prabu melaksanakan giat bersih sampah yang melibatkan seluruh anggota.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu tanggal 24 September 2022 pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai. Giat Inovasi Kapolsek Pulau Pinang yaitu "Gerakan Pulau Pinang Bersih Sampah".

Turut hadir dalam kegiatan tersebut:
- Kapolsek Pulau Pinang, IPTU Amrin Prabu.
- Camat Pulau Pinang, Drs. H. Erlambang, M.M.
- Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, LB3 dan Peningkatan Kapasitas LH, Siti Zaleha,ST.MT.
- Direktur Bank Sampah Induk Kabupaten Lahat, AIPDA Dodi Permana SH, MM.
- Kepala Desa Muara Siban, Kuswara.
- Kepala Desa Jati, Hadi.
- Kepala Sekolah SMP 1 Pulau Pinang, Satri Gus Endang, S.Pd.
- Ketua DPD Gencar Kab. Lahat, Elan Setiawan.

Kegiatan diikuti lebih kurang 205 peserta yang terdiri dari:
- 20 Personil Polsek Pulau Pinang.
- 20 orang Pegawai Kecamatan Pulau Pinang.
- 70 orang dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat.
- 25 Pelajar SMP 1 Pulau Pinang.
- 10 orang perangkat Desa Muara Siban.
- 10 orang perangkat Desa Jati.
- 7 orang anggota DPD Gencar Lahat.
- 15 orang anggota Bank Sampah Induk Kabupaten Lahat DP Partner.

Jenis inovasi kegiatan adalah menjadi inisiator dalam aksi bersih sampah secara serentak dengan melibatkan kecamatan, DLH, Pelajar hingga kelompok masyarakat yang ada dikecamatan Pulau Pinang untuk berkolaborasi/bersama- sama membersihkan sampah sepanjang jalan Desa Muara Siban (pintu masuk Kecamatan Pulau Pinang) sampai dengan depan Polsek Pulau Pinang di Desa Jati Kec. Pulau Pinang.

Tujuan dilakukan kegiatan tersebut, untuk mengajak peran aktif Pemerintah, Pelajar dan Masyarakat yang ada di Kecamatan Pulau Pinang dalam menjaga Lingkungan tempat tinggal serta untuk tidak membuang sampah sembarangan sehingga terciptanya hubungan masyarakat yang harmonis dan aman.

Untuk kegiatan itu, diungkapkan Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat, dibagi 2 kelompok peserta yaitu sebagian membersihkan mulai dari Desa Jati (Depan Polsek Pulau Pinang), sebagian lagi di Desa Muara Siba ( Gerbang masuk Kecamatan Pulau Pinang) selanjutnya kedua kelompok peserta akan bertemu di tengah, setelah itu peserta bisa membubarkan diri, yangmana kegiatan berlangsung lebih kurang 2 jam.

Alhasil dari kegiatan ini, dikatakan Liespono, terkumpul sampah sebanyak lebih kurang 3 unit mobil dump truk sampah yang selanjutnya akan diolah oleh Bank Sampah Induk DP Partner sehingga sebagian sampah akan menjadi bernilai rupiah. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.