Kodim 0405/Lahat Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

LAHAT, Suarasumsel.net ---- Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat terus menjadi perhatian serius terutama, Kodim 0405/Lahat dalam memanfaatkan Lahan Kosong disekitar Markas Komando Distrik Militer (Makodim).

Program ketahanan pangan yang kian digalakkan Kodim 0405/Lahat ini, demi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, sehingga, melakukan penggemburan Lahan dan menanam beragam jenis tanaman Holtikultura.

Terbukti penanaman tersebut, dipimpin PELDA Danial Syahdali menyampaikan, langkah ini merupakan awal melaksanakan kegiatan ketahanan pangan pembuatan kebun Holtikulkutura dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu.

Usai dari penggarapan di Lahan 5, 5 Hektar tersebut, dilanjutkan penanaman terong ungu serta sayuran, dan cabai dikebun Makodim 0405/Lahat, sehingga, Lahan yang kosong dapat bermanfaat dan tidak menjadi Lahan tidur serta dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Lahat.

"Oleh karenanya, ayo.!! Seluruh anggota TNI Kodim 0405/Lahat dan keluarga agar dapat memanfaatkan Lahan yang kosong diareal tempat tinggal, agar tidak menjadi Lahan tidur saja," ungkap Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono SIp melalui Pasi Ter Kodim 0405/Lahat Kapten Inf Bambang Nur Ragil, pada Senin (16/1/2023).

Lahan yang ada nantinya, sambung Bambang, akan ditanam beragam jenis tanam pangan mulai Jagung, beragam jenis sayuran seperti terong biru, serta cabai yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, tujuan pembuatan kebun Holtikultura tersebut, ditegaskannya, sebagai upaya pemanfaatan lahan kosong yang berada diseputaran Makodim 0405/Lahat merupakan salah satu agenda untuk membantu kebutuhan pangan masyarakat.

Diatas Lahan yang cukup luas ini, menurut Bambang, tidak hanya sayuran yang akan ditanam, juga jagung serta tanaman lainnya yang memberikan hasil positif untuk masyarakat.

"Nah, kalau kegiatan penanaman Terong ungu tersebut sebagai upaya mendukung program Pemerintah tentang ketahanan pangan. Sedangkan, tanaman Jagung yang sudah kami tanam sebelumnya membawa hasil positif," tambahnya.

Diharapkan kata Bambang, semoga tanaman yang telah ditanam ini dapat menghasilkan panen yang memuaskan, dan hasilnya nanti akan dibagikan kepada masyarakat, supaya apa yang dilakukan Kodim 0405/Lahat dapat sedikit mengurangi beban perekonomian masyarakat.

"Yang jelas, jika kebutuhan pangan tercukupi dan masyarakat tidak beli lagi, maka tingkat perekonomian akan terdongkrak, dan biaya sayuran bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya," urai Pasi Ter Kodim 0405/Lahat. (Din)

author
No Response

Comments are closed.