Juru Sapu dan Panti Asuhan Putra/i Dapat Bantuan di PHI ke-94 Tahun

LAHAT, Suarasumsel.net ----- Dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2022, telah dilaksanakan perayaan yang dipusatkan di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat.

Acara tersebut, dilakukan pada Rabu (28/12/2022) sekira pukul 09.00 WIB, dengan mengangkat tema 'Perempuan Berdaya Indonesia Maju Kewirausahaan Perempuan Mempercepat Kesetaraan Mempercepat Pemulihan'.

Kegiatan memperingati PHI kali ini, diwarnai dengan pemberian bantuan kepada juru sapu jalanan, panti asuhan Darul Falah, panti asuhan Putra/i yang sudah tidak memiliki ayah dan ibu, dan kelompok usaha pengelola makanan mandiri.

Turut hadir dalam acara puncak PHI tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang. SH, Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto. SE. MM. MBA, Sekda Lahat Chandra SH, MM, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf. Toni Oki Priyono, SIP, Kajari Lahat yang mewakili, Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto. SIK, seluruh Kepala OPD Lahat. Kepala Bank Sumsel Babel Cab. Lahat Taufiq Hidayat, Ketua TP PKK Kab.Lahat Lidya Wati S.Hut Cik Ujang, Ketua GOW Hj. Sumiati Haryanti SPd, Ketua DWP Lahat
Lahat Ria Afriani Candra, Ketua Cabang Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim 0405/Lahat Ny. Nurlela Sari, Ketua Bhayangkari Cab. Lahat Ny. Endang Eko Sumaryanto, seluruh Dharma Wanita OPD. Pemda Lahat Camat, dan kurang lebih 150 tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA) Kabupaten Lahat, Hj Nurlela SAg dalam sambutannya mengatakan, peringatan PHI ke-94 tahun 2022 yang dirayakan ini sebagai bentuk penghargaan untuk para kaum ibu-ibu yang telah ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Negera Republik Indonesia.

"Dan, Alhamdulillah, hingga saat ini telah Banyak kemajuan yang didasarkan oleh Perempuan. Akan tetap, kesetaraan ideal yang kita cita-citakan menghadapi berbagai permasalahan yang mengancam kualitas hidupnya," ungkap Hj Nurlela.

Sambutan Bupati Lahat Cik Ujang.SH menegaskan, apabila dilihat dari sejarah tentunya perjuang para Perempuan bukanlah hal yang segampang membalikkan telapak tangan.

Karena, sambung Cik Ujang, perempuan perempuan Indonesia dengan gagah berani menembus untuk bersuara sosial batas batas dengan hak hak kaumnya, dan bersama sama memperjuangkan dengan kaum laki laki meraih kemerdekaan.

"Termasuk, ditengah tengah terpaan apapun, perempuan indonesia khususnya di Kabupaten Lahat srikandi - srikandi berbagai tantangan mampu melewati berbagai tantangan degan kuat, begitu juga di masa sulit ini. Perempuan di Lahat turut hadir di Garda terdepan," ujar Bupati Lahat.

Sehingga, dijelaskan Bupati Lahat semua patut mengapresiasi Perempuan Indonesia agar tetap selalu tangguh, kuat, dan berani didalam menjadi penopang kehidupan khususnya kaum perempuan di Kabupaten Lahat "tetap semangat dan bercahaya".

Namun, miris diakhir acara Bupati Lahat sempat kecewa, karena, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kabupaten Lahat Hj Nurlela S.Ag, ditengah tengah puncak acara PHI ke-94 tahun 2022, Tidak Hadir tanpa keterangan.

Selanjutnya, orang nomor satu Pemimpin Lahat tersebut, memerintahkan Sekda Lahat untuk memanggil bersangkutan, guna menanyakan ada kendala apa diacara puncak PHI ke-94 tidak bisa hadir.

"Saya mintak Sekda Lahat untuk dapat memanggil yang bersangkutan, ada kendala apa sehingga tidak hadir diacara puncak PHI ini," ujarnya dengan nada sedikit kesal. (Din)

author
No Response

Comments are closed.