banner 728x90

Herman Deru Resmikan Embung Konservasi Kebun Raya Sriwijaya

banner 468x60
Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru telah meresmikan Embung Konservasi Kebun Raya Sriwijaya yang berada di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.
.
Keberadaan Embung Konservasi Kebun Raya Sriwijaya tersebut sebagai salah satu laboratorium yang bisa dijadikan lokasi riset untuk mengetahui kelembapan tanah dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) di Sumsel.
.
Menurut HD, Embung Konservasi Kebun Raya Sriwijaya dibangun di atas lahan rawa seluas 100 hektar dengan babyak fungsi, seperti pusat penelitian lahan basah dan sebagai tempat pendidikan, pelatihan ataupun magang.
.
"Tempat ini juga sebagai konservasi ex situ sumber daya hayati flora dan fauna lahan basah," ungkapnya usai meresmikan Embung Konservasi Kebun Raya Sriwijaya yang berada di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Selasa (9/3/21).
.
Dijelaskannya HD, lahan seluas 100 hektar difungsikan sebagai riset dan edukasi. Jika tidak menjalankan fungsi ini, maka sama saja dengan melakukan perusakan alam.
.
Menutnya, Embung ini juga merupakan wahan baru menjaga kelembapan tanah dan menjaga kebakaran hutan.
.
Disisi lain, HD menilai, upaya pencegahan Kahutla di Sumsel telah dilakukan dengan kerjasama berbagai pihak, baik kemeterian hingga BUMD hingga badan usaha.
.
HD menilai, tanggungjawab dalam pencegahan Karhutlah bukan hanya dimiliki oleh instansi tertentu saja, tetapi di pundak semuanya, termasuk masyarakat Sumsel. (hms)
.
author
No Response

Leave a reply "Herman Deru Resmikan Embung Konservasi Kebun Raya Sriwijaya"