Gubernur Sumsel Resmikan Renovasi Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti

LAHAT, Suarasumsel.net ----- Renovasi Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti diresmikan Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM, Sabtu 17 Desember 2022. Lokasinya di Desa Batu Rancing Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat.

Turut hadir dalam menyaksikan peresmian Renovasi Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti adalah Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi Sip MBA, Walikota Palembang H Harno Joyo SSos, Walikota Pagaralam Alfian Maskoni SH, Anggota DPRD Provinsi Sumsel DR Budianto Masrul, Alfrensi Panggar Besi SSi, H Saifudin Aswari SE, Juanda, Ir Holda MSi, Tamtama Tanjung, Malyono.

Selanjutnya, Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM, Wakil Ketua I DPRD Lahat Gaharu, Wakil Ketua 2 DPRD Lahat Sri Marhaeni Wulansih SH, Anggota DPRD Lahat Ahmad Barmawi Amd, Zamroni, Nopan Firmansyah SE, Kepala Dinas dilingkungan Pemda Lahat.

Camat Tanjung Sakti Pumi Rudiansyah S STP MM, Camat Tanjung Sakti Pumu Arpin, Danramil Tanjung Sakti Kapten Kav Dwi Satrio, Kapolsek Tanjung Sakti AKP Nurhanas, seluruh Kepala Desa Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Pumu. Seluruh tokoh masyarakat di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Pumu. Serta, masyarakat Tanjung Sakti.

Gubernur Sumsel Herman Deru juga sekaligus menggelar acara silaturahmi bersama masyarakat Tanjung Sakti Pumi dan Pumu.

Anggota DPRD Provinsi Sumsel DR Budianto Masrul menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru telah datang di Tanjung Sakti.

“Terima kasih kepada Gubernur Sumsel telah hadir di desa kami ini. Inilah bentuk sambutan kami dari warga Desa Tanjung Sakti sangat meriah dan antusias,” ujarnya.

Di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Pumu, banyak veteran dikarnakan dahulu banyak pejuang yang berasal dari Tanjung Sakti. Oleh karena itu tugu Monumen Juang ini diresmikan dan direnovasi.

“Kami menginginkan peresmian rumah juang dan mohon ditanda tangani rumah juang ini,” ucapnya.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Gubernur atas pembukaan jalan evakuasi di Desa Kepala Siring dan Sindang Panjang,” ucapnya.

Budianto Masrul juga mengusulkan, kepada Gubernur untuk memperhatikan jalan untuk petani mengangkut hasil tani di Desa Gunung Meraksa Kecamatan Tanjung Sakti Pumu.

Ditempat sama, Wakil Bupati Lahat H Haryanto bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat, kami ucapkan selamat datang di Bumi Seganti Setungguan.

“Kami selaku masyarakat Tanjung Sakti mengucapkan terima kasih atas kedatangannya di Kecamatan Tanjung Sakti Pumu,” ucapnya.

Pada anggaran 2022, Gubernur Sumsel banyak membantu anggaran di Kabupaten Lahat.

“Kami juga pada tahun 2023 masih meminta bantuan kepada Pak Gubernur,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Buku Sejarah Tanjung Sakti secara simbolis.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan, banyak hal yang kita dapat. Utamanya, Tanjung Sakti menjadi viral, dan kedepannya menjadi sejarah.

Sejarah Bung Karno Presiden pertama mengatakan Jas Merah artinya jangan melupakan sejarah. Tentu juga kita ikut andil membangun bangsa.

“Saya bangga terhadap masyarakat Tanjung Sakti adalah Patung Sejarah, dikarenakan semangat juang artinya orang Tanjung Sakti terkenal melawan,” ujarnya.

Dimasa keresidenan Rozak, Kecamatan Tanjung Sakti ini pernah menjadi pusat pemerintahan Sumbagsel. Disini saya didampingi oleh Panglima Sriwijaya jadi jika ada kontruksi kondisi tanah untuk dalam pembangunan kita minta bantuan untuk TMMD untuk proses pembangunan tersebut.

GSMP kalau bisa menghasilkan untuk apa kita membeli dan bisa kita mengurangi anggaran belanja apabila kita bisa menghasilkan. Untuk UMKM, kita bangun untuk menghasilkan incam warga Kecamatan Tanjung Sakti.

“Saya ingatkan kepada warga, khususnya warga Tanjung Sakti. Jangan kita tinggalkan adat istiadat,” pungkasnya.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan peresmian Tugu Monumen.

“Dengan ucapan Bismilahirohmannirohim dengan ini Saya remikan Tugu Monumen ini sebagai monumen sejarah berjalan,” ucapnya.

Pada pukul 14.30 WIB, Gubernur Sumsel H Herman Deru bertempat di Desa Kepala Siring Kecamatan Tanjung Sakti Pumu, Gubernur Sumsel memberikan Tropy Gubernur secara simbolis kepada Ketua Panitia Offroad Bekicak 2 dan pelepasan Offroad Bekicak 2.

Selanjutnya, pada pukul 15.00 WIB bertempat di Kantor Camat Tanjung Sakti Pumu, Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri kegiatan bakti sosial memperingati hari Infantri TNI AD yang ke 74, dan membagikan bingkisan kepada pendonor darah.

Selesai dari situ, pukul 15.20 WIB bertempat di Desa Simpang III Pumu Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Gubernur Sumsel melaksanakan pembukaan turnamen Volly Gubernur Cup tahun 2022.

Gubernur Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya sempat istirahat di kediaman Harno Joyo, Walikota Palembang.

Pada pukul 16.30 WIB, Gubernur Sumsel H Herman Deru beserta rombongan meninggalkan Agrowisata Tanjung Sakti menuju Villa Gunung Gare Pagar Alam. (Din)

author
No Response

Comments are closed.