Bupati OKU Timur Buka Lomba Cipta Menu B2SA Ketahanan Pangan

banner 468x60

Martapura - Bertempat di Gedung Balai Rakyat, Sekretariat Daerah OKU Timur, sekira pukul 09.30 WIB, Rabu 13 Oktober 2021, Pemerintah OKU Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan mengadakan kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM-B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten OKU Timur tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T hadir langsung didampingi Wakil Bupati HM. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H, Sekretaris Daerah Jumadi, S.Sos, Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, S.IK. M.H, Dandim 0403 OKU Letkol (Arh) Tan Kurniawan, S.A.P. M.I.Pol, Danyon Brimob OKU Timur Khairun Nasrudin, S.IK. MH, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Ketua Darma Wanita Persatuan dan Forkopimda Plus. Sebagai Tamu Undangan hadir juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Selatan.

Berlangsung dengan meriah, kegiatan lomba tersebut mengusung tema "Wujudkan Generasi Cerdas, Sehat, Berkualitas Serta Tangguh Dengan Mengkonsumsi Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Untuk Menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia".

Lomba Cipta Menu B2SA ini merupakan salah satu Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Untuk Pemenuhan Gizi dan Meningkatkan Pendapatan Keluarga serta Dapat Mengatasi Stunting dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan OKU Timut Maju Lebih Mulia.

Diawali dengan pengguntingan pita oleh Bupati OKU Timur bersama Forkopimda dan Forkopimda Plus menandai mulainya Lomba Cipta Menu B2SA, dilanjutkan dengan pencicipan menu yang disajikan oleh para peserta lomba. Kemudian dilangsungkan opening ceremonial Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junadi, S.P., M.M menyampaikan "Maksud dan Tujuan kegiatan lomba ini adalah untuk menurunkan target konsumsi beras, kemudian menumbuhkan kesadaran masyarakat pentingnya pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan masyarakat secara berkelanjutan" jelasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur, dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes menyampaikan "Dengan dilaksanakan ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam menumbuhkan kreatifitas, inovasi dan menciptakan jiwa usaha TP PKK. Kita harus mendukung program Pemerintah Provinsi melalui Kabupaten OKU Timur dalam mewujudkan Kota Mandiri Pangan menuju Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia" ungkapnya.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T menyampaikan "Kegiatan ini dapat menjadi landasan dasar menilai statistik kesejahteraan suatu daerah. Seperti yang kita ketahui, OKU Timur ini merupakan Kabupaten dengan peringkat nomor 1 se-Sumatera Selatan dalam Tingkat Ketahanan pangan, tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri dan perlu kita pertahankan. Kemudian diharapkan ke depannya, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran bahwa tidak harus beras menjadi konsumsi utama karena kita memiliki pangan yang beragam" pungkasnya. (Kom)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.