banner 728x90

Bupati Lahat Bangun Puluhan Rumah Warga Diterjang Banjir 2020 Silam

LAHAT, Suarasumsel.net -- Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi oleh Sekda Chandra SH.MM unsur OPD, Forkopimcam dan seluruh Camat Kikim Area, serta seluruh Kades di Kecamatan Kikim Timur, melakukan peletakan batu pertama.

Acara Ground Breaking tersebut, dilakukan pada Senin (25/7/2022) guna relokasi untuk Rumah yang terkena musibah bencana banjir yang terjadi pada awal tahun 2020 lalu dilaksanakan di desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat.

Banjir bandang yang menerjang Desa Kikim Timur pada awal tahun 2020 silam, mengakibatkan penduduk desa harus mengungsi dalam musibah banjir bandang dan sedikitnya 30 rumah penduduk disapuh oleh banjir.

Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan, sebagai kepala daerah akan membangun rumah untuk korban banjir adalah sebagai bentuk komitmen dan perhatian terhadap warganya yang terkena musibah.

Selain itu, dirinya berharap dengan selesainya tahapan pembangunan rumah untuk warga korban banjir di desa Gunung Kembang kecamatan Kikim Timur, maka warga tidak lagi merasa was was akan terjadi banjir apabila hujan turun.

"Dengan mengucap Bismillahirohmannirohim maka pembangunan rumah untuk korban banjir di desa Gunung Kembang resmi dilaksanakan," cetus Bupati Lahat saat melakukan peletakan batu pertama dilokasi Relokasi.

Cik Ujang menceritakan, daerah Kikim bukan tempat yang asing baginya, karena dulunya daerah Kikim merupakan tempat dirinya mencari napkah alias bekerja sebelum menjadi Bupati Lahat.

"Kalau dulunya, daerah Kikim adalah tempat saya bekerja dan hampir seluruh kawasan saya jelajahi, sehingga, saya sangat hapal betul daerah Kikim ini," terangnya dengan tersenyum.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lahat Limra Naupal ST MT mengatakan, bahwa pembangunan relokasi rumah warga korban banjir di desa Gunung Kembang bisa dilaksanakan tahun 2022. Karena, ada beberapa tahapan yang harus dilalui seperti lokasi dan lain sebagainya. Namun perjuangan panjang Bupati Lahat Cik Ujang SH untuk merelokasi warga korban banjir membuahkan hasil yang baik.

"30 unit rumah akan dibangun dilokasi ini, selain tempatnya baik dan jauh dari bibir sungai tentunya warga tidak lagi khawatir jika terjadi hujan apalagi banjir. Tak hanya itu saja dilokasi yang baru ini nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang baik, contohnya akses jalan dengam lebar 6 meter, air bersih, dan tanggul penahan," tegas Lumra.

Untuk diketahui, tidak hanya pembangunan 30 rumah warga korban banjir, melalui serapan Anggaran Pendapatab Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lahat, sangat besar mengucur untuk ke Kikim Area, puluhan Milyar dana APBD Lahat dialokasikan untuk berbagai pembangunan seperti Infrastruktur, Sarana, dan Prasarana pendukung lainnya telah dibangun di Kikim Area. (Din)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.