Asisten II Pemkab Muara Enim Buka Bimtek Untuk Tenaga Perpustakaan

banner 468x60
Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Ir. Maryana membuka Bimbingan teknis (Bimtek) implementasi peraturan perundang-undangan bagi tenaga pengelola perpustakaan dalam Kabupaten Muara Enim tahun 2021 di Griya Hotel Serasan Sekundang, (27/10/2021).
Menurut Asisten bahwa Bimtek bertujuan untuk mempersiapkan tenaga pengelola perpustakaan yang mempunyai kemampuan dan keterampilan di bidang perpustakaan, dengan keahlian yang dimiliki oleh pengelola perpustakaan desa dan sekolah sebagai bagian integrasi dari upaya mencerdaskan di kehidupan masyarakat, mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan para pemakainya.
Dihadapan 40 peserta Bimtek dan nara sumber kegiatan yaitu Drs. Nurcahyo, selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Asisten menitipkan pesan kiranya Perpusnas bisa mengalokasikan anggaran untuk mendukung pengelolaan perpustakaan di Kabupaten Muara Enim agar lebih optimal.
Bukan tanpa alasan, menurutnya Perpustakaan Muara Enim juara 4 tingkat nasional, dan aktif memberikan bantuan huku setiap tahunnya di Perpustakaan di Desa maupun di Sekolah-Sekolah. Kalaupun untuk dianggarkan melalui APBD Pemkab Muara Enim sangat terbatas untuk menambah saran Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).
Maka dari itu, Pemkab Muara Enim mengharapkan ada bantuan TIK dari Perpusnas pada tahun anggaran 2022 atau 2023. Apalagi, Kabupaten Muara Enim sekarang sedang membangun Kantor Perpustakaan dan Arsip yang sangat membantu kegemaran membaca masyarakat. Dan keberadaan TIK saat ini sangat mendukung perubahan perpustakaan menuju era teknologi.
"Pemkab Muara Enim mengusulkan ke Perpusnas kalau bisa melalui DAK, sehingga nantinya bisa terwujud perpustakaan yang memang bisa menjadi tempat rekreasi," ungkap Asisten.
Ditambahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Muara Enim melalui Ketua Pelaksana Bimtek selaku Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Rosmalena, SE, MM, bahwa ke-40 peserta tersebut berasal dari pengelola perpustakaan dari SD sebanyak 10 orang, SMP 10 orang, dan SMA 5 orang serta pengelola perpustakaan desa berjumlah 15 orang yang akan mengikuti Bimtek dari tanggal 26 - 28 Oktober 2021. (awg)
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.