Bupati Muara Enim Launching Program Pengentasan Kemiskinan

banner 468x60

Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar ( HNU) bersama Direktur Utama (Dirut) PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) Tanjung Enim Suryo Eko Hadianto meluncurkan Program Pengentasan Kemiskinan yang ditandai dengan penabuhan gendang bersama-sama di Gedung Serbaguna Baru Bukit Asam Tanah Putih, Kota Tanjung Enim,   (20/11).

Dalam kesempatan tersebut, Dirut PTBA menceritakan apa penyebab terlahirnya program pengentasan kemiskinan serta memaparkan program kerja berkelanjutan dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kecamatan Lawang Kidul.

"Terlahirnya program pengentasan kemiskinan yang kurang lebih baru berumur 2 (dua) bulan ini bukan tanpa alasan dan sebab yang jelas, pasalnya setelah disurvei dan dikumpulkan data-data masyarakat miskin di Kecamatan Lawang Kidul ternyata ada sekitar 16.412 orang pra sejahtera (masyarakat miskin) yang berada disamping Kantor Pusat PTBA Tanjung Enim, hal tersebut sangat miris untuk dikatakan mengingat sejak berdiri 1919 sampai sekarang batubara di Tanjung Enim sudah dibawa keseluruh dunia, malahan PTBA tercatat sebagai salah satu perusahaan yang menghasilkan keuntungan yang cukup disegani di Indonesia, hal tersebutlah yang mendasari kami (seluruh jajaran direksi PTBA) melahirkan program pengentasan kemiskinan ini," terang Suryo.

"Kami ingin membuat masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul semuanya sejahtera, diantaranya dengan program pendidikan dasar yaitu minimal anak-anak bisa sekolah dari SD sampai SMA/SMK dengan program sekolah gratis di Yayasan Bukit Asam bahkan bisa berkuliah dengan beasiswa gratis serta yang tidak kalah penting adalah berobat gratis dengan BPJS Kesehatan yang dipersembahkan terutama bagi 16.412 masyarakat sekitar wilayah operasi PTBA tadi," lanjut Suryo mengatakan.

Dirinya juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk peduli terhadap orang-orang tersebut, untuk tidak hanya tinggal diam saja terutama kepada seluruh karyawan PTBA selaku objek utamanya agar dapat berbuat lebih dalam menyejahterakan masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul melalui program pengentasan kemiskinan ini.

Menanggapi hal yang dipaparkan oleh Dirut PTBA tadi, Pj Bupati Muara Enim yang hadir bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim mengungkapkan rasa senang, salut dan bangga terhadap kepedulian Dirut PTBA terhadap masyarakat, terutama kepedulian terhadap masyarakat miskin di Kecamatan Lawang Kidul yang tentu didukung oleh jajaran Direksi PTBA lain untuk direalisasikan melalui program pengentasan kemiskinan yang baru saja diluncurkan tadi, "hebat PTBA" ujar HNU

"Hari ini saya melihat kepedulian yang luar biasa dari PTBA, kalau bicara CSR, bicara community development, PTBA adalah juaranya di Provinsi Sumsel, terima kasih, " ucap Pj Bupati dengan semangat.

Namun agar program baru ini dapat berjalan baik tentu hal harus diiringi dengan rasa welcome dari masyarakat Tanjung Enim yang dapat diartikan dengan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program-program yang dijalankan PTBA karena Pj.Bupati meyakini jika perusahaan nyaman baik dalam operasinya ataupun hal lainnya maka akan berdampak baik pula bagi lingkungan masyarakat sekitar.

Disamping itu, Pj Bupati Muara Enim berharap apa yang dilakukan oleh PTBA dapat menjadi role model bagi perusahaan-perusahaan lain yang beroperasi di Bumi Serasan Sekundang untuk dapat berpartisipasi dengan program-program pengentasan kemiskinan serupa guna menjadikan masyarakat di Kabupaten Muara Enim semuanya sejahtera.. (pme)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.