banner 728x90

Hama Tikus Tak Terkendali, Petani Padi Desa Rasuan Baru Terancam Gagal Panen

OKU TIMUR, Suarasumsel.net --- Sejumlah petani di wilayah komering khususnya di Desa Rasuan Baru Kecamatan Madang lll suku 2, memasuki masa panen tahun 2022 kali ini terancam gagal panen karena tanaman padi milik mereka diserang hama tikus dan sulit musnahkan.

Salah seorang Petani Desa Rasuan Baru Kecamatan Madang lll suku 2, Yanto saat dimintai komentarnya mengatakan, dirinya pusing tujuh keliling dengan hama tikus yang menyarang tanaman padi milik mereka,menurutnya baru tahun ini hama tikus tidak terkendali.

"Berdasarkan pengalaman musim ke musim bertani atau menanam padi, baru musim inilah hama tikusnya sulit di kendalikan, sudah berbagai upaya dilakukan para petani untuk pengendalian hama tikus seperti di beri racun, di kompos dan di tembak waktu malam hari akan tetapi masih juga hama tikus merajalela merusak tanaman padi," katanya.

Yanto menceritakan, baru musim tanam tahun ini sawahnya di serang hama tikus yang cukup parah, biasanya cuma satu dua petak tanaman padi saja yang di makan hama tikus, tapi kali ini hampir setiap petakan padi yang di makan hama tikus.

"Sawah saya ada lebih kurang ada 19 petakan dan sekitar 14 petak sudah dimakan hama tikus dan kalau terus-menerus saya khawatir akan gagal panen," ceritanya.

Diharapkan Yanto. Balai Penyuluhan Pertanian OKU Timur terdekat bisa melakukan penanganan atau melakukan penyuluhan untuk pengendalian hama tikus. (Septadiyanto)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.