Danrem Gapo Pimpin Rakor dan Evaluasi Posko Karhutla Provinsi Sumsel Tahun 2021

banner 468x60

Palembang, Suarasumsel.net - Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika S.I.P M.Si M.Tr (Han), memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi posko Karhutla tahun 2021, di Ruang Rapat BPBD Provinsi Sumsel.

Dalam sambutannya Jenderal bintang satu ini, mengajak semua instansi terkait untuk saling membantu di dalam melaksanakan penanganan Karhutla dengan cara bersama-sama memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang berada di sekitar daerah rawan kebakaran lahan.

Mari ajak mereka agar jangan membuka kebun dengan cara membakar lahan di musim kemarau, ajak Danrem.

Karena, dari asap kebakaran lahan akan berdampak pada kesehatan masyarakat dan kita berharap ke depan bisa mengatasi Karhutla ini dengan bersinergi bersama dalam menjalan tugas yang mulia ini, harap Danrem.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Sumsel H Iriansyah memaparkan kondisi dan situasi keadaan terkini Karhutla di wilayah Sumsel serta memperkenalkan perwakilan dari masing masing Instansi yang terlibat di dalam Satgas Karhutla kepada Dansatgas Karhutla.

Ditempat yang sama, Kepala BMKG Sumsel Wandayantolis mengatakan, bahwa kondisi cuaca saat ini di bulan Oktober sudah memasuki musim penghujan dan sebagian besar wilayah Sumsel sudah memasuki musim penghujan tetapi pola curah hujannya masih belum merata.

Hampir di seluruh Sumsel bagian Utara dan Timur curah hujan masih dalam kategori sedang. Perkiraan curah hujan 3 bulan kedepan daerah Sumsel mulai hujan dengan intensitas sedang dan deras serta puncak musim penghujan akan terjadi pada bulan Januari sampai Maret 2022, tambahnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perkebunan Erlan mengatakan, bahwa lahan yang terbakar saat ini bukan dari lahan perkebunan, melainkan dari lahan yang tidak terawat/lahan tidur dan milik masyarakat yang jauh dari pemiliknya bukan dari perkebunan yang terawat," pungkasnya.Turut hadir dalam kegiatan Rakor tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Sumsel H Iriansyah beserta staf, Danlanud SMH diwakilkan Kadisops Letkol Pom Eko Slamet Widodo, Danlanal Palembang diwakilkan Paur Ops Lanal Kapten Laut /W Yulin, Kasiops Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Ari Sudarsono, Kepala Biro Ops Polda Sumsel diwakilkan AKBP Erwin, para Kepala Dinas Provinsi Sumsel, Kominfo Sumsel, Kepala Balai PPI dan Karhutla wilayah Sumatera, Kepala Badan Restorasi Gambut Daerah Sumsel, Kepala BMKG Stamet Bandara SMB Il Palembang, Kepala B KartikaMKG Staklim Kelas 1 Palembang dan para Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten/Kota.(***)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.