banner 728x90

Wawako Fitrianti Agustinda Sidak Indomarco

122 views

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda bersama BBPOM Palembang melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke Indomarco Adi Prima, di kawasan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Rabu (23/3/2022).

Fitrianti mengatakan, sidak bertujuan melihat ketersediaan sembako dan juga untuk mengecek apakah barang yang diproduksi layak.

“Kita juga ingin melihat apakah produk yang dikonsumsi masyarakat aman dan sehat,” ujar Fitrianti.

Ada beberapa catatan Wawako Fitrianti saat sidak di Indomarco.

“Ada beberapa hal yang kita lihat dan menjadi catatan, yang kita titipkan supaya nanti ada perubahan. Kita ingin ada beberapa item, khususnya yang bukan untuk dikonsumsi, seperti sabun, deterjen, itu harusnya tempatnya berbeda dengan makanan,” ujar Fitrianti.

Ia juga menyoroti untuk barang-barang yang seharusnya dimusnahkan atau sudah tidak layak jual, jangan dijadikan satu tempat.

“Lalu ada juga barang-barang yang sifatnya untuk dimusnahkan atau dikembalikan atau juga sudah tidak layak konsumsi yang diretur oleh berbagai toko itu juga tempatnya harus dibedakan. Sehingga gudang ini betul-betul nanti jelas, mana barang yang betul-betul bisa dikonsumsi, mana barang-barang yang harus segera dimusnahkan,” Fitrianti menerangkan.

Dia menegaskan, pihak Indomarco akan diberikan kesempatan satu minggu untuk memperbaiki tempat penyimpanan dan penataan barang-barang di gudang secara terpisah.

“Kalau sekarang kita lihat masih berbaur semuanya. Jadi satu. Kami memberikan satu kesempatan, satu minggu kepada pihak Indomarco supaya teman-teman memperbaiki kondisi yang ada. Dan nanti ini akan ditinjau lagi oleh Dinas Perdagangan dan juga BBPOM,” ujar Fitrianti.

Sementara itu, Kepala BBPOM Palembang, Drs. Zulkifli, Apt, menjelaskan, pihaknya akan mengundang seluruh ritel terkait agar melakukan sosialisasi terkait aturan cara penyimpanan yang benar.

“Yang jelas ini distributor pangannya. Setiap distributor makanan harus mengikuti cara ritel pangan yang baik. Nanti ke depan kami akan mengundang seluruh ritel untuk memberikan sosialisasi bagaimana aturan penyimpanan, pengadaan dan sebagainya itu. Nah tadi sudah kita lihat di lapangan ya, apa yang disampaikan oleh ibu wawako tadi untuk masalah penyimpanan adalah problemnya,” ujar Zulkifli. (Hms)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.