Terkait LKPJ TA 2022, DPRD Sumsel Sampaikan Hasil Rekomendasi Kepada Gubernur Sumsel


PRABUMULIH, suarasumsel.net — Tim Perumus Panitia khusus (Pansus) DPRD Provinsi Sumatera¬† selatan (Sumsel), Senin (17/4) pada rapat Paripurna LXIII (63) di Gedung Paripurna DPRD Provinsi Sumsel menyampaikan rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Tahun Anggaran 2022 kepada Gubernur Sumsel.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sumsel, R.A Anita Noeringhati, SH., MH dan di hadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sumsel, Sekretaris Dewan beserta anggota lainnya, Gubernur Sumsel dan Para perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta tamu undangan lainnya.

Juru Bicara tim perumus atas rekomendasi DPRD sumsel, Ahmad Firdaus Ishak, SE., MSI menyampaikan Rekomendasi DPRD Sumsel pada sejumlah bidang, pada bidang Pemerintahan merekomendasikan agar inspektrorat aktif dalam pelaksanaan APBD dan memberikan perhatian khusus pada inspektorat dalam mengawasi kerja pemprov sumsel.

“Di bidang Perekonomian, direkomendasikan agar dinas pertanian dapat berkoodinasi dengan dinas terkait terhadap rencana alat bantu pertanian, mengoptimalkan peran petugas dalam rangka mengsukseskan sumsel mandiri pangan, serta memberikan edukasi pada masyartakat,” katanya.

Ahmad Firdaus Ishak menambahkan, untuk dinas Kehutanan juga direkomendasikan meningkatkan status wilayah pemukiman penduduk yang dihuni secara turun menurun dalam kawansan hutan lindung, untuk dinas Perkebunan direkomendasikan memberikan edukasi ke masyarakat agar dapat meningkatkan hasil bumi yang bernilai tinggi.

“Untuk Dinas Perindustrian untuk dapat menfasilitasi pelaku usaha mempromosikan produk ungulan ekspor import dan memberikan pelatihan, Dinas Koperasi dan UMKM untuk dapat menciptakan startegi khusus untuk mendorong usaha baru. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan juga dapat memprioritaskan anggarannya untuk kebutuhan yang bersifat urgensi dan mengantisipasi bencanakan alam,” tambahnya.

Masih menurut Ahmad Firdaus Ishak, Dinas kelautan dan perikanan juga agar melakukan penganekaragaman terhadap produk perikanan yang memiliki ekonomi tinggi. Dinas perdagangan untuk mencarikan solusi dalam perdangangan hasil perkebunan masyarakat agar tidak dimonopoli oleh tengkulak. Dinas penamanam modal agar melakukan suatu hal atau strategi khusus yang mendorong minat para insvestor untuk berinvestasi di sumsel.

“Pada Bidang Keuangan direkomendasikan mengedepankan dan memprioritaskan hal wajib yang menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Sumsel dan yang menjadi sektor prioritas dengan mematuhui peraturan yang berlaku, pada bidang Pembangunan dan Bidang Kesejahteraan rakyat Untuk dapat memberikan reward bagi daerah-daerah yang menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mengapresiasi pemprov Sumsel dalam pembiayaan renovasi SMA/SMK di Sumsel. DPRD Sumsel juga mengapresiasi Dinas Kesehatan karena menunjukkan kinerja yang baik dan didukung dengan dana yang memadai. DPRD Sumsel juga akan berkoodinasi dengan dinas terkait mengenai Banjir di RS Ernaldi Bahar agar segera diatasi dengan kajian yang kompresif dan juga DPRD Sumsel menyarankan dalam menangani kekurangan tenaga medis di RS Ernaldi Bahar (membuka perawat),” paparnya.

Disimpulkan Ahmad Firdaus Ishak, setelah mengkaji dan menganalisis LKPJ Gubernur Prov Sumsel tahun 2022, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, secara utuh DPRD Provinsi Sumsel menerima dan menyetujui LKPJ Gubernur Provinsi Sumsel tahun 2022.

Setelah mendengarkan pidato rekomendasi DPRD provinsi sumsel, Pimpinan Rapat Paripurna LXIII (63), RA, Anita Noeringhati mengatakan hasil rapat paripurna tersebut akan dituangkan dalam bentuk keputusan DPRD dan akan diumumkan serta ditandatangani oleh pimpinan rapat dihadapan rapat paripurna.

“Ini sesuai dengan peraturan DPRD provinsi Sumsel no 94 tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan DPRD provinsi Sumsel No 22 tahun 2020 tentang tata tertib DPRD provinsi sumsel pasal 182 ayat 5,” Katanya.

Di tempat yang sama Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada DPRD Provinsi Sumatera Selatan atas masukan dari hasil rekomedasi LKPJ. Ia mengatakan hasil rapat ini dapat berguna untuk penyempurnaan dalam target pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan.

“Berbagai masukan yang kami terima dari hasil LKPJ, akan menjadi perhatian pemprov sumsel. masukan tersebut akan ditindaklanjuti penyempurnaannya sesuai target pembangunan sumsel” ujar Deru. (Adv)

Berita Terkait

Top